Program ini didedikasikan untuk menyambut datangnya bulan kelahiran Sang Nabi
Jakarta (ANTARA) - Majalah sains, budaya dan spiritualitas, Mata Air, menyelenggarakan lomba "Semua Membaca Kehidupan Rasulullah" yang memperebutkan hadiah dengan total Rp60 juta.

"Program ini didedikasikan untuk menyambut datangnya bulan kelahiran Sang Nabi, yaitu Rabiul Awal atau pada bulan Oktober 2020 mendatang," ujar Ketua Pelaksana Program yang juga Penasihat Manajemen Majalah Mata Air, Tegar Rezavie Ramadhan, dalam telekonferensi di Jakarta, Sabtu.

Dia berharap melalui program itu, pihaknya dapat berkontribusi dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat Indonesia. Ia juga segenap masyarakat Indonesia untuk membaca dan meneladani kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman https://majalahmataair.com/semua-membaca-rasul/. Tahap pendataran dimulai pada 17 Agustus 2020 hingga 6 September 2020. Tahap membaca buku pada 7 September hingga 24 Oktober 2020.

Sementara tahap seminar pada 12 September dan 26 September, dan 10 Oktober dan 24 Oktober 2020. Tahap ujian online pada Minggu, 25 Oktober 2020. Peringatan pemenang pada peringatan maulid nabi sekaligus seremoni pengumuman lomba yang dilangsungkan secara daring pada Minggu, 01 November 2020.

Baca juga: Peringatan Maulid Nabi Muhammad di Demak diwarnai pembacaan Pancasila

Baca juga: Ramadhan saat COVID-19 mirip zaman Nabi Muhammad


Penilaian lomba terdiri dari absensi di seminar online bedah buku yang diujikan. Diselenggarakan dwimingguan setiap hari sabtu pkl 13.00-14.00 WIB dengan rincian penyelenggaraan pada tanggal 12 September dan 26 September 2020, 10 Oktober dan 24 Oktober 2020. Setiap selesai seminar akan ada quiz. Proporsi skor quiz sebesar 40 persen dari rata-rata empat quiz dari empat seminar tersebut.

Kemudian, mendapatkan skor tertinggi di ujian final pada tanggal 25 Oktober 2020. Proporsi skor ujian final sebesar 60 persen. Pada kondisi terdapat skor yang sama, yang akan menjadi kriteria siapa peserta terbaik akan ditentukan lewat kecepatan waktu dalam menyelesaikan soal ujian final. Untuk quiz dan ujian final akan diselenggarakan di platform latihan.id.

Dia menambahkan buku yang diujikan terdapat dua pilihan yakni Cahaya Abadi Muhammad SAW Kebanggaan Alam Semesta Jilid 1, karya Muhammad Fethullah Gulen dan Sirah Nabawiyah, karya Syekh Shafiyurrahman al Mubarakfuri.

Peserta dapat memilih salah satu dari judul buku tersebut untuk dibaca. Pada waktu ujian final tanggal 25 Oktober 2020, peserta dapat memilih soal sesuai buku yang dibaca.

"Kami menargetkan dapat melibatkan 10.000 peserta yang serentak dalam kurun waktu 17 Agustus hingga 24 Oktober 2020 program membaca kehidupan Rasulullah ini."

Para peserta yang telah mendaftar akan mendapatkan username dan password, sehingga dapat mengakses platform latihan.id yang akan digunakan sebagai platform penyelenggara ujian.

Pimpinan Redaksi Majalah Mata Air, Astri Katrini Kalafta, mengatakan hingga saat ini sudah ribuan peserta yang melakukan pendaftaran.

"Alhamdulillah, saat ini sudah ribuan peserta yang mendaftar. Saya yakin, target kami 10.000 peserta akan tercapai," kata Astri.

Untuk juara absolut peringkat pertama akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp10 juta, juara absolut peringkat kedua akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp7 juta, juara absolut peringkat ketiga akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp5 juta.

Sementara, peringkat 4 sampai 13, masing-masing akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp2 juta. Peringkat 14 sampai 23, masing-masing uang tunai sebesar Rp1 juta. Peringkat 24 sampai 34, masing-masing uang tunai sebesar Rp500.000.

Lomba itu terbuka untuk umum. Setiap orang dapat mendaftar sebagai peserta.

Baca juga: Mengajak warga pedalaman Sigi meneladani kehidupan Nabi Muhammad SAW

Baca juga: Quraish Shihab: Nabi pernah Shalat Tarawih hanya tiga malam di masjid

 

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020