Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Sabtu (22/8) mulai dari Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menjelaskan proses produksi vaksin COVID-19 hingga PPN bahan baku kertas untuk industri media massa dibebaskan mulai Agustus 2020.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Proses produksi vaksin

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyampaikan bahwa PT Bio Farma (Persero) akan mengerjakan sejumlah proses bahan baku vaksin COVID-19 dari Sinovac untuk menjadi produk akhir.

"Jadi Bio Farma mendapatkan bahan baku dari Sinovac. Bahan baku ini akan diformulasikan kemudian di-filling dan di-packaging. Nah tiga proses inilah yang dilakukan oleh bio farma," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Konsumsi ikan ditargetkan kilogram/kapita pada 2024

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan tingkat konsumsi ikan sebanyak 62 kilogram per kapita per tahun pada 2024.

"Angka konsumsi ikan nasional pada 2019 adalah 54,9 kilogram per tahun. Kami menargetkan angka konsumsi ikan nasional pada 2024 mencapai 62,05 kilogram per kapita," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Kinerja UMKM digenjot untuk pulihkan ekonomi

Pemerintah menggenjot kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) melalui pemberian insentif fiskal hingga optimalisasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) karena sektor ini dinilai mampu mendongkrak pemulihan ekonomi nasional.

"Dalam rangka pemulihan ekonomi, Indonesia membutuhkan dunia usaha termasuk UMKM lokal untuk segera bangkit," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Kolaborasi teknologi dengan perusahaan UEA tangani COVID-19

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa BUMN farmasi Indonesia siap berkolaborasi teknologi dengan perusahaan asal Uni Emirat Arab dalam rangka penanganan COVID-19.

Sedianya, dua perusahaan BUMN, Kimia Farma dan Indofarma menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan perusahaan asal Uni Emirat Arab, G42 yang bermarkas di Abu Dhabi.

Berita selengkapnya klik di sini

5. PPN bahan baku kertas untuk media dibebaskan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bahan baku kertas untuk industri media massa akan dibebaskan atau ditanggung pemerintah (DTP) mulai Agustus 2020.

“Saya sampaikan bagi teman-teman media untuk PPN bahan baku kertas kita sudah menetapkan ditanggung pemerintah. Jadi mulai Agustus ini PPN-nya ditanggung oleh pemerintah,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020