Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita penting menarik perhatian selama sepekan terakhir seperti peresmian uang kertas rupiah khusus pecahan Rp75.000, neraca perdagangan RI pada Juli surplus, dan neraca pembayaran triwulan III turut surplus.

Kemudian, pedoman kebiasaan baru untuk industri pangan hingga 50 juta dosis vaksin COVID-19 akan diterima mulai November 2020.

Berikut rangkuman berita yang banyak menarik perhatian masyarakat mulai 17 sampai 23 Agustus 2020:

1. BI resmikan uang rupiah pecahan Rp75.000

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meresmikan secara virtual uang kertas rupiah khusus pecahan Rp75.000 sebanyak 75 juta lembar untuk memperingati HUT ke-75 Republik Indonesia.

“Pengeluaran uang peringatan Kemerdekaan 75 tahun RI juga telah melalui perencanaan matang dilakukan tahun 2018,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Neraca perdagangan RI Juli 2020 surplus

Badan Pusat Statistik (BPS) melansir neraca perdagangan Indonesia pada Juli 2020 mencapai 3,26 miliar dolar AS dengan total nilai ekspor 13,73 miliar dolar dan nilai impor 10,47 miliar dolar AS.

“Surplus ini jauh lebih besar dibandingkan surplus pada Juni 2020 dan juga jauh lebih besar dibandingkan Juli 2019 di mana kita waktu itu mengalami defisit 0,28 miliar dolar AS,” kata Kepala BPS Suhariyanto.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Neraca pembayaran triwulan II surplus

Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada triwulan II-2020 mencatat surplus cukup besar yakni 9,2 miliar dolar AS setelah mengalami defisit 8,5 miliar dolar AS pada triwulan sebelumnya.

“Membaiknya kinerja NPI didukung penurunan defisit transaksi berjalan serta besarnya surplus transaksi modal dan finansial,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Pedoman kebiasaan baru industri pangan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyusun pedoman adaptasi kebiasaan baru industri pangan karena industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor manufaktur andalan bagi perekonomian nasional.

“Balai Besar Industri Agro (BBIA) Kemenperin telah menyusun buku yang bertajuk Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Industri Pangan,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Doddy Rahadi.

Berita selengkapnya klik di sini

5. 50 juta dosis vaksin COVID-19 diterima mulai November 2020

PT Bio Farma dipastikan menerima bulk atau konsentrat Ready to Fill (RTF) vaksin COVID-19 dari Sinovac sebanyak 50 juta dosis pada November 2020 sampai dengan Maret 2021 mendatang.

Kepastian itu ditandai dengan penandatanganan Prelimenary Agreement of Purchase and Supply of Bulk Production of COVID-19 Vaccine, yang dilaksanakan pada 20 Agustus 2020 di Hainan, Tiongkok.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020