Batam (ANTARA News) - Ketua Majelis Pertimbangan Partai Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, Kamis, menilai bagus kerja Sutrisno Bachir selama menjabat Ketua Umum PAN.

"He is done a good job." kata Amin saat membuka Rapat Kerja Nasional PAN di Batam, Kamis.

Meskipun tidak ada peningkatan peraihan suara dalam Pemilu 2009. "Tapi, tidak drop lah," ujarnya.

Sejak berdiri, partai reformis itu selalu mendapatkan urutan ke lima dalam Pemilu sehingga ketua umum berikutnya harus meningkatkan perolehan suara dalam Pemilu nanti, kata Amien.

"Kita memang selalu masuk lima besar, tapi nomor lima, yang terakhir. Kalau bisa, lima besar, tapi nomor dua atau tiga," kata Amien.

Menanggapi ketidakhadiran Sutrisno Bachir saat pembukaan rakernas, ia mengatakan tidak masalah dan membantah ketidakhadiran itu karena ada masalah internal partai.

"Tadi itu pembukaan Rakernas. Nanti, dia akan datang sewaktu kongres dan membacakan laporan pertanggungjawaban," jelas Amien.

Sutrisno Bachrir dilaporkan masih dalam perjalanan dan dijadwalkan menutup Rakernas, namun sampai Rakernas ditutup Ketua Umum itu belum hadir.

Sementara itu, pelaksanaan Rakernas di Batam, sengaja tidak mengundang Presiden atau Wakil Presiden, karena Amin menilai dalam demokrasi, seharusnya urusan partai dilepaskan dari kepemerintahan.

PAN, kata dia, membuat preseden baru, dengan menyelenggarakan kongres tanpa dibuka Presiden atau Wakil Presiden.

"Biasanya, Musyawarah Daerah harus dihadiri bupati, dan seterusnya. Kita tidak usah," demikian Amien.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010