Itera benarkan satu dosen dan mahasiswa positif terjangkit COVID-19

id COVID-19,Wuhan

Itera benarkan satu dosen dan mahasiswa positif terjangkit COVID-19

Kampus Itera Bandarlampung, Kamis (27/8/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) Bandarlampung membenarkan bahwa satu dosen dan calon mahasiswanya terkonfirmasi positif terjangkit COVID-19.

"Ya benar ada dosen dan mahasiswa baru yang positif COVID-19, saat ini mereka sedang menjalani isolasi di rumah sakit," kata Humas ITERA dalam keterangan tertulis yang diterima di Bandarlampung, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa dosen dan mahasiswa baru tersebut terkonfirmasi positif setelah Itera melakukan tes cepat kepada seluruh civitas akademika yang ingin berkegiatan di kampus itu.

Baca juga: OAIL Itera abadikan Komet C/2020 F8 Swan

Dari hasil tes cepat itu sebenarnya didapatkan satu dosen baru asal Palembang dan tiga calon mahasiswa dari luar Lampung yang hasilnya reaktif dan setelah ditindaklanjuti dengan tes usap dua orang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Kami dapat memastikan bahwa dosen yang bersangkutan belum beraktivitas di kampus," ujarnya.

Begitu pula dengan mahasiswa tersebut, karena mereka terdeteksi dini melalui tes cepat saat ingin melakukan verifikasi berkas setelah diterima sebagai calon mahasiswa baru di Itera.

Baca juga: Itera terima 2.075 mahasiswa baru dari jalur SNMPTN

Namun begitu, Itera tetap melakukan penelusuran dan hanya mendapatkan satu pegawai yang pernah bertemu dengan dosen baru tersebut dan telah meminta staf tersebut melakukan karantina mandiri.

"Untuk pegawai itu kita akan segera melakukan tes cepat kepada yang bersangkutan," kata dia.

Dia menegaskan bahwa adanya dua orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Itera tersebut tetap tidak mengganggu aktivitas di lingkungan kampus sebab Itera memang telah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sehingga dapat mendeteksi dini virus ini.

Baca juga: Antisipasi COVID-19, ITERA berlakukan kuliah daring dan tunda wisuda

Selain itu, lanjut dia, perlu diketahui juga saat ini seluruh mahasiswa aktif Itera masih dalam masa libur semester, dan akan menjalankan perkuliahan secara daring di awal September 2020.

Kemudian, kata dia, Itera melalui Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru (BPAKB) akan memantau perkembangan dosen baru dan calon mahasiswa baru tersebut serta mendukung mereka hingga sehat dan terbebas dari virus ini.

"Kami juga akan terus berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Lampung Selatan dan Kota Bandarlampung baik dalam penanganan sivitas akademika Itera yang positif tertular virus corona ataupun dalam penerapan protokol kesehatan," kata dia.

Baca juga: 58 anak keluarga penerima manfaat PKH Lampung lolos seleksi PTN

 

Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar