Saya tidak paham mengapa Rusia tidak bermain secara terbuka padahal itu untuk kepentingan mereka
Paris (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian pada Kamis mengaku heran dengan Rusia yang tidak bersikap terbuka atas kemungkinan tokoh oposisi Alexei Navalny keracunan.

Le Drian juga mengatakan bahwa para menteri luar negeri Uni Eropa akan membahas kasus Navalny pekan ini.

Navalny kini dalam kondisi induksi koma di rumah sakit Berlin, tempatnya diterbangkan pada Sabtu setelah pingsan selama penerbangan di Rusia. Klinik di Jerman menyebutkan bahwa pemeriksaan medis awal mengindikasikan adanya keracunan, meski para dokter Rusia yang merawat Navalny di rumah sakit Siberia menolak diagnosa itu.

"Saya tidak paham mengapa Rusia tidak bermain secara terbuka padahal itu untuk kepentingan mereka," kata Le Drian kepada radio RTL.

"Sebuah kejahatan. Rusia perlu mengambil inisiatif untuk menginvestigasi secara terbuka dan ketika yang bersalah terbukti, maka jadikan itu sebagai pelajaran (untuk yang lainnya), ini bukan pertama kalinya kasus keracunan terjadi."

Kremlin pada Rabu mengatakan pihaknya berharap penyakit Navalny tidak akan merusak hubungan Rusia dengan negara Barat dan bahwa pihaknya ingin mengetahui alasan Navalny jatuh sakit meski menolak melakukan penyelidikan dalam insiden tersebut.

Menurut Le Drian, para menteri luar negeri Uni Eropa sedang bertemu di Berlin pada Kamis hingga Jumat dan akan membahas kasus Navalny.

Saat ditanya apakah ada cara untuk memaksa Moskow agar membuka penyelidikan, Le Drian menjawab: "Kami sudah menentukan sejumlah sanksi, jadi saya rasa jika mereka (Rusia) mengambil inisiatif untuk terbuka maka itu akan menjadi reputasi mereka."

Sumber: Reuters

Baca juga: Kemlu: Peracunan Navalny tak menguntungkan pimpinan Rusia

Baca juga: Kremlin: Tak ada alasan untuk saat ini menyelidiki penyakit Navalny

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020