Menko PMK dan Gubernur NTB serahkan 65 ribu rumah tahan gempa

id Menko PMK,Muhadjir Effendy,NTB,Rumah Tahan Gempa,RTG,Hunian Tetap

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zulkieflimansyah secara simbolis menyerahkan kunci rumah tahan gempa (RTG) kepada masyarakat terdampak gempa bumi NTB yang terjadi pada 2018 di Desa Teratak, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (28/8/2020). (ANTARA/Nur Imansyah).

Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Zulkieflimansyah menyerahkan 65 ribu kunci rumah tahan gempa (RTG) kepada masyarakat terdampak gempa bumi NTB yang terjadi dua tahun lalu.

"Kami datang untuk memastikan kemajuan pembangunan rumah tahan gempa dan Alhamdulillah hari ini kami menyerahkan kunci rumah tahan gempa sebanyak 65 ribu kepada masyarakat NTB," kata Muhadjir Effendy di Desa Teratak, Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Jumat.

Muhadjir menyatakan, setelah rumah diserahkan tugas masyarakat semua untuk segera menempati dan menjaga rumah yang telah diberikan oleh pemerintah tersebut. Karena, kata dia menjaga serta merawat lebih sulit daripada membuat rumah tersebut.

"Silakan langsung ditempati, selanjutnya bapak-ibu jaga dan rawat rumah yang telah diberikan," ujarnya.

Menko PMK meyakini, di tengah musibah, di tengah kesulitan, pasti ada jalan untuk bangkit dan berlari menjadi daerah yang maju. Baginya, musibah menjadikan masyarakat semakin kuat dan menaruh kita semua pada kedudukan yang semakin tinggi.

Baca juga: Belasan korban gempa di Mataram sudah bisa menempati hunian tetap

Baca juga: Kemenko PMK minta percepatan perbaikan hunian tetap pascagempa NTB terlaksana


"Saat gempa dulu, tiga kali saya datang ke NTB, saya menyaksikan langsung rumah, tempat ibadah dan sekolah hancur rata karena musibah gempa tersebut. Hari ini, kita semua terdampak musibah global, seluruh dunia terdampak, saya bersyukur bisa datang kembali ke NTB," ungkap Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut.

Untuk itu, Muhadjir, menyerukan dalam kondisi apapun agar warga NTB tetap berbaik sangka dan selalu bersyukur. Sebab, dengan cara itulah kita bisa menikmati apa yang Allah SWT telah diberikan kepada kita semua.

"Mari kita tetap bersyukur, musibah ini menguji kesabaran dan ketabahan kita semua," tambah Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Jawa Timur tersebut.

Menko PMK mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTB H Zulkieflimanysh atas kesabaran dan ketabahannya dalam memimpin NTB.

"Gubernur NTB ini teman dekat saya, kami kenal sudah sangat lama. Jaringan beliau bukan hanya nasional, tapi juga internasional. Saya yakin, di tangan beliau, NTB pasti semakin maju. Masyarakat NTB harus bangga punya sosok pemimpin seperti Zulkieflimansyah," katanya.

Sementara itu, Gubernur NTB, H Zulkieflimasyah menyampaikan terima kasih kepada Menko PMK atas perhatiannya kepada NTB.

Selain itu, mewakili Pemerintahan Provinsi NTB beserta seluruh masyarakat NTB, Gubernur juga menyampaikan terima kasih kepada Menko PMK yang kembali berkenan hadir di NTB. Gubernur berharap ini bukan kunjungan yang terakhir.

"Insya Allah seluruh bantuan, seluruh perhatian yang telah bapak berikan mendapat keberkahan untuk daerah kami tercinta," katanya.

Baca juga: Aktivis NTB bangun rumah tahan gempa di Lombok Utara

Baca juga: 47.954 unit rumah tahan gempa di NTB rampung

Pewarta : Nur Imansyah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar