Polda Jateng siap kawal pelaksanaan Liga 1 dan 2 2020

id liga 1 indonesia,liga 2 indonesia,lib,psis,akhmad hadian lukita,sudjarno,polda jateng

Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi (ketiga dari kiri) dan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita (ketiga dari kanan) berbincang di Polda Jateng, Semarang, Senin (31/8/2020). Kedua belah pihak membicarakan soal lanjutan Liga 1 dan Liga 2 Indonesia 2020 yang bergulir mulai Oktober 2020. (ANTARA/HO/PT Liga Indonesia Baru)

Jakarta (ANTARA) - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi menegaskan bahwa Polda siap mengawal pelaksanaan lanjutan Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2020 di wilayahnya.

"Kami akan siap mengawal semua pertandingan Liga 1 dan Liga 2 yang digelar di Jawa Tengah. Mudah mudahan bisa memberikan manfaat yang maksimal," ujar Ahmad, dikutip dari keterangan resmi PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Jakarta, Senin.

Pernyataan itu disampaikan Ahmad Luthfi dalam pertemuan dengan petinggi PT LIB, termasuk direktur utama Akhmad Hadian Lukita dan direktur operasional Sudjarno, di Polda Jawa Tengah, Semarang.

Baca juga: PSSI dan PT LIB temui Kapolda Jateng

Nantinya, selama lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2020, ada klub yang bermarkas di Jawa Tengah yaitu PSIS. PSIS memilih berkandang di Stadion Citarum, Semarang.

Kemudian, di Liga 2 2020, semua pertandingan penyisihan Grup C akan berlangsung di Cilacap. Tercatat ada enam klub yang akan berlaga di sana yaitu PSCS sebagai tuan rumah, Persigo Semeru, Persis Solo, PSCK Cimahi, Persiba Balikpapan dan Kalteng Putra.

"Jadi kami berharap ada support dari pihak Polda Jateng. Mudah-mudahan dukungan tersebut akan banyak bisa membantu bergulirnya kompetisi nasional dan perkembangan sepak bola di Jawa Tengah," kata Akhmad Hadian.

Sementara Direktur Operasional LIB Sudjarno menyebut bahwa semua pertandingan Liga 1 dan 2 musim 2020 dilaksanakan tanpa kehadiran penonton di stadion demi menekan penyebaran COVID-19.

Baca juga: LIB-APPI samakan persepsi jelang bergulirnya lanjutan Liga 1 2020

Protokol kesehatan pencegahan COVID-19 diterapkan secara ketat agar semua yang terlibat di liga terjaga kesehatannya.

"Pertama, kami menginformasikan bahwa semua pertandingan digelar tanpa penonton. Tanpa kecuali. Kedua, kami juga memaparkan bahwa semua pertandingan Liga 1 dan Liga 2 akan menjalani protokoler kesehatan yang sangat ketat," tutur Sudjarno.

Lanjutan Liga 1 musim 2020 berlangsung pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Kompetisi tetap digelar semusim penuh tetapi tanpa degradasi.

Semua laga Liga 1 2020 akan digelar di Pulau Jawa. Dengan dikonsentrasikan di sana, tim-tim akan berpindah-pindah dengan transportasi darat demi mencegah penyebaran COVID-19.

Liga 2 Indonesia musim 2020 bergulir pada 17 Oktober-5 Desember 2020. Kompetisi ini berlangsung dengan format turnamen yang melewati penyisihan grup.

Baca juga: Baintelkam Polri berharap liga kala pandemi COVID-19 berdampak positif
Baca juga: LIB bantu biaya transportasi klub-klub Liga 2 musim 2020

Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar