Bali (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengapresiasi semangat warga Bali untuk keluar dari dampak pandemi COVID-19, yaitu dengan menghidupkan sektor pariwisata yang menjadi tulang punggung ekonomi di wilayah tersebut.

"Saya kaget di sini tempat Sosialisasi Empat Pilar, masyarakat Bali antusias menghadiri acara ini. Saya akan lapor ke Presiden dan pimpinan MPR bahwa masyarakat Bali tidak khawatir COVID-19 dan mau berkumpul untuk menggerakkan kembali sektor pariwisata di sini," kata Fadel dalam Temu Tokoh Nasional dalam rangka Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang bekerja sama dengan Universitas Mahendradata, di Bali, Selasa.

Dia mengatakan semua masyarakat harus bergotong royong menyelesaikan dampak pandemi dan menumuhkqn semangat agar Bali kembali menjadi salah satu tujuan pariwisata di Indonesia.

Menurut dia, Bali, sebagai ujung tombak mulai bangkitnya kehidupan masyarakat sehingga sektor ekonomi dan pariwisata menjadi baik serta maju.

"Kami tidak bisa menahan dampak pandemi ini bahwa jangan ada inflasi karena kenyataannya menang tidak ada 'demand' di masyarakat. Karena itu kita harus menggerakkan kehidupan masyarakat untuk menimbulkan semangat dan memulihkan kondisi," ujarnya.

Fadel menilai ekonomi masyarakat yang paling mudah dipulihkan adalah sektor pariwisata namun di lain pihak tempat wisata dihadapkan pada ketakutan COVID-19.

Karena itu menurut dia COVID-19 tersebut harus ditangani dengan baik dan salah satu caranya adalah memberikan edukasi kepada masyarakat untuk selalu menjaga imunitas dan daya tahan tubuh untuk menangkal penularan COVID-19.

"Anak saya seorang dokter dan mengatakan tidak ada obat spesifik untuk COVID-19, kecuali menaikan daya tahan dan imun tubuh. Makan makanan yang sehat, kena udara segar, kena sinar matahari, asupan vitamin C dan D harus dijaga," katanya.

Baca juga: Bamsoet: Komite Penanganan COVID dan Ekonomi segera koordinasi daerah

Baca juga: Wakil Ketua MPR minta ekonomi di desa diperkuat atasi ancaman resesi

Baca juga: MPR yakin presiden ajak warga atasi pandemi di sidang tahunan

Baca juga: Protokol kesehatan dijalankan dalam Sidang Tahunan MPR

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020