Itu patut diapresiasi dan didukung. Dalam skala besar lambat laun upaya-upaya tersebut akan memulihkan situasi terutama memulihkan perekonomian
Bali (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mengapresiasi kepedulian masyarakat yang ditunjukkan dengan maraknya kegiatan sosial membantu warga terdampak pandemik COVID-19.

"Itu patut diapresiasi dan didukung. Dalam skala besar lambat laun upaya-upaya tersebut akan memulihkan situasi terutama memulihkan perekonomian," kata Fadel dalam acara Temu Tokoh Nasional MPR RI dalam rangka Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kerjasama MPR dengan BEM Universitas Mahendradatta, di Kota Denpasar, Bali, Selasa.

Dia mengatakan pandemik menimbulkan dampak buruk bagi bangsa Indonesia, misalnya, masyarakat Bali mengalami "pukulan" luar biasa karena dunia pariwisata-nya terganggu sangat parah.

Hal itu menurut dia semestinya menjadi tantangan besar untuk seluruh elemen bangsa dan momen yang tepat bersatu melawan pandemik COVID-19.

Baca juga: Fadel ajak masyarakat perkuat Empat Pilar MPR

Baca juga: Fadel apresiasi semangat warga Bali atasi pandemi


Fadel mengatakan MPR RI memiliki kepedulian dan upaya-upaya untuk ikut bersama rakyat bersatu melawan pandemik salah satunya, para Pimpinan MPR menghadap Presiden RI di Istana Bogor untuk membicarakan topik utama terkait pandemik.

Menurut dia ada beberapa hal yang dibicarakan, misalnya, pertama, bagaimana mengembalikan kepercayaan rakyat kepada negara terdampak pandemik.

"Dari perbincangan tersebut kami melihat pemerintah berusaha sangat keras untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat di antaranya dengan pembuatan vaksin," ujarnya.

Vaksin itu menurut dia dibuat agar tubuh memiliki daya tahan lebih kuat menghadapi COVID-19, dirinya telah datang sendiri ke Bandung melihat bagaimana persiapan pembuatan vaksin.

Dia menilai hal tersebut sangat baik dan harus diteruskan, jika berhasil akan mengembalikan kepercayaan rakyat dan diharapkan tahun depan sudah bisa terlaksana.

Poin kedua menurut dia, yang dibicarakan adalah terkait ekonomi negara karena di masa pandemik ini pertumbuhan perekonomian Indonesia makin negatif atau minus.

"Saya melihat bahwa kita mesti melakukan sesuatu agar perekonomian kita kembali pulih, hal tersebut sangat penting untuk rakyat Indonesia," katanya.

Ketiga menurut Fadel adalah membahas tentang bagaimana meyakinkan masyarakat bahwa COVID-19 akan segera menghilang.

Dia menilai langkah itu sangat penting karena dengan timbulnya keyakinan tersebut, masyarakat akan percaya diri melakukan kegiatan kembali dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat dan menjaga kesehatan diri sehingga lambat laun pandemik akan hilang dan perekonomian berjalan normal kembali.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020