Sangat mendesak bagi warga China yang sedang menjalankan misi penjaga perdamaian dengan melindungi mereka yang di wilayah yang memiliki kasus COVID-19 sangat tinggi. Namun kami membutuhkan lebih banyak data hasil uji klinis tahap ketiga sebelum kami
Jakarta (ANTARA) - Dua produsen vaksin, China National Pharmaceutical Group (Sinopharm) dan CanSino Biologics Inc, memprioritaskan pemberian vaksin kepada para karyawan asal China yang sering bepergian ke luar negeri dan personel militer.

Sinopharm baru-baru ini menandatangani kesepakatan bersama dengan raksasa teknologi asal China Huawei.

Bisnis Huawei menjangkau lebih dari 170 negara dan wilayah. Lebih dari 200.000 karyawan Huawei berjuang melawan pandemi di seluruh dunia, termasuk ke negara-negara dan wilayah yang terkena dampak terparah, demikian Direktur Pelayanan Global Huawei Luo Wencheng dikutip media resmi setempat, Kamis.

Sesuai kesepakatan tersebut, Sinopharm akan menyediakan sumber daya dan dukungan pelayanan kepada Huawei berupa vaksin dan produk kesehatan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan jiwa 200.000 karyawan Huawei.

Vaksin inaktif yang diproduksi Sinopharm jug akan diberikan kepada para karyawan BUMN China sebelum bertugas ke luar negeri.

Vaksin tersebut sejauh ini terbukti aman dalam uji coba pada manusia. Sinopharm juga menawarkan vaksin gratis kepada pekerja medis di garis terdepan di beberapa rumah sakit milik negara, meskipun masih dalam uji coba tahap akhir.

Sementara itu, produsen vaksin terbesar lainnya CanSino Biologics Inc baru-baru ini mengumumkan bahwa vaksin rekombinan virus corona (Ad5-nCoV) telah diberikan kepada personel militer China yang menjalankan misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa, khususnya di kawasan yang angka kasus COVID-19 sangat tinggi.

"Sangat mendesak bagi warga China yang sedang menjalankan misi penjaga perdamaian dengan melindungi mereka yang di wilayah yang memiliki kasus COVID-19 sangat tinggi. Namun kami membutuhkan lebih banyak data hasil uji klinis tahap ketiga sebelum kami komersialkan vaksin tersebut," kata pimpinan CanSino, Yu Xuefeng.

Baca juga: AS bersiap bagikan vaksin COVID-19 akhir Oktober

Baca juga: Gedung Putih balas kritik WHO terkait izin pakai vaksin COVID-19

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020