Pemkot Malang segera revitalisasi Pasar Kedungkandang

id revitalisasi pasar,kota malang, Jawa timur,Pasar Kedungkandang

Pemkot Malang segera revitalisasi Pasar Kedungkandang

Dokumentasi - Pekerja tengah mengangkat material yang akan dipergunakan untuk menyelesaikan pembangunan Pasar Klojen, di Kota Malang, Jawa Timur. ANTARA/Vicki Febrianto.

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, segera melakukan revitalisasi Pasar Rakyat Kedungkandang dalam waktu dekat, usai diselesaikannya tahapan proses lelang pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang Wahyu Setianto mengatakan bahwa anggaran untuk revitalisasi pasar yang terletak di Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang sebesar Rp3,27 miliar.

"Saat ini sedang proses, dan anggaran yang dipergunakan merupakan bantuan dari Provinsi Jawa Timur," kata Wahyu, di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu.

Wahyu menambahkan rencananya, konsep yang akan dipergunakan pada Pasar Rakyat Kedungkandang tersebut, tidak jauh berbeda dengan konsep pasar rakyat lain yang ada di Kota Malang, yang sudah dilakukan revitalisasi.

Saat ini, Diskopindag Kota Malang akan segera menyiapkan lapak penampungan sementara bagi para pedagang yang ada di Pasar Kedungkandang tersebut. Pembangunan lapak sementara akan ditempatkan di dalam area pasar, untuk menghindari kemacetan.

"Penampungan kami tempatkan di dalam dan tidak dipindah keluar. Karena kami meminimalisir resiko kemacetan juga saat menaruh material nanti," kata Wahyu.

Sebagai catatan, pada 2020, ada dua pasar rakyat tengah direvitalisasi oleh Pemerintah Kota Malang, yakni, Pasar Kasin, dan Pasar Mergan. Dengan revitalisasi Pasar Kedungkandang, maka pada tahun ini, secara keseluruhan ada tiga pasar rakyat yang direvitalisasi.

Wahyu menjelaskan sesuai dengan hasil rapat dengar pendapat dengan Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang, telah disepakati untuk menjalankan program revitalisasi terhadap 3-4 pasar rakyat yang ada di Kota Malang.

Diharapkan, revitalisasi tiga pasar rakyat yakni Pasar Kasin, Pasar Mergan, dan Pasar Kedungkandang tersebut bisa rampung pada 2020. Revitalisasi tersebut nantinya diharapkan bisa memberikan kenyamanan kepada pedagang dan warga yang tengah berbelanja.

"Sesuai hasil dengar pendapat dengan Komisi B DPRD memang kami menyepakati, di tiap tahun harus ada 3-4 pasar yang direvitalisasi. Ketiga pasar yang direvitalisasi itu, ditargetkan selesai pada akhir tahun ini," kata Wahyu.

Beberapa pasar rakyat di Kota Malang yang telah dilakukan revitalisasi diantaranya adalah Pasar Oro-Oro Dowo, Pasar Bunulrejo, dan Pasar Klojen. Pasar-pasar tersebut, kini sudah lebih nyaman dan bersih, dan tidak becek seperti sebelumnya.

Diharapkan, dengan kondisi yang lebih baik tersebut, bisa meningkatkan omzet para pedagang yang ada di pasar-pasar rakyat itu.

Baca juga: Kementan siap buka akses pasar ekspor produk hortikultura asal Malang
Baca juga: Revitalisasi dua pasar rakyat di Malang dilanjutkan di tengah pandemi
Baca juga: Pasar OroOro Dowo jadi percontohan menuju normal baru di Kota malang


Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar