Solo (ANTARA News) - Komponis Gesang (92), pencipta lagu Bengawan Solo, masuk ke rumah sakit lagi di ruang ICCU Rumah Sakit Muhammadiyah Solo, Jateng, Sabtu.

Gesang kembali masuk ke RS PKU Muhammadiyah, sekitar pukul 14:30 WIB, setelah pihak keluarganya menghubungi rumah sakit untuk menjemput dengan mobil ambulan. Gesang langsung masuk di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RS PKU Muhammadiyah Solo.

Menurut dokter jaga di RS PKU Solo, Nanang Wiyono, Gesang tiba di rumah sakit, sekitar pukul 14:30 WIB dengan dijemput ambulan. Pasien itu kemudian ditangani dengan dipasang infus dan oksigen.

"Gesang masuk rumah sakit akibat tidak mau makan. Jika diberi makan pasien itu muntah," kata dokter Nanang Wiyono, yang menangani Gesang di ruang IGD.

Menurut dia, gesang kemudian dipindah ke ruang ICCU RS PKU sekitar pukul 16:00 WIB, untuk mendapat perawatan yang intensif.

"Gesang sekarang ditangani dokter spesialis penyakit dalam, Zaenal Arifin Aknan," kata Nanang.

Gesang yang dilahirkan di Solo, pada 1 Oktober 1917, sebelumnya juga masuk RSU PKU Muhammadiyah, Jumat (16/1) malam setelah dia mengeluhkan rasa sakit ketika membuang air kecil. Ketika itu juga ada darah keluar bersama air seni Gesang.

Setelah menjalani pemeriksaan, ternyata prostat Gesang harus dioperasi.

Gesang telah menjalani dioperasi prostat di RSU Muhammadiyah Solo, Senin (18/1). Kondisi komponis itu, dinyatakan dalam keadaan sehat dan diperbolehkan pulang oleh dokter yang menangani.(*)


Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010