Instagram tambah Tab khusus untuk Reels di India

id Instagram,Reels

Ilustrasi fitur Reels pada aplikasi Instagram (about.instagram.com)

Jakarta (ANTARA) - Instagram telah meluncurkan tab khusus Reels, fitur video singkat yang dibuat untuk menyaingi TikTok, untuk pengguna di India yang menggantikan tab Explore setelah melakukan uji coba pada bulan Agustus.

Dikutip dari laman Gadget 360, Minggu, perubahan baru tersebut akan memudahkan orang menemukan pembuat konten Reels dan video terbaru mereka dalam aplikasi Instagram. Sementara, tab Explore bergeser ke sudut kanan atas pada halaman beranda Instagram.

India menjadi pasar pertama yang mendapatkan tab khusus tersebut, dan menurut Instagram, hal ini dikarenakan minat yang diterima Reels di India. Fitur membuat dan berbagi video pendek itu diluncurkan di India segera setelah pemerintah negara tersebut memblokir TikTok dua bulan lalu.

Head of Instagram, Adam Mosseri, dalam cuitannya, mengatakan bahwa kehadiran tab terpisah untuk Reels di Instagram di India menyusul momentum yang terlihat di negara tersebut.

Baca juga: Instagram luncurkan Reels, fitur pesaing TikTok

Baca juga: Instagram ternyata belum hapus foto yang telah dihapus pengguna


Aplikasi milik Facebook tersebut terlihat sedang menguji coba tombol khusus untuk Reels bulan lalu, dan kini mulai meluncurkannya ke semua pengguna.

Tab terpisah untuk Reels terletak di bilah navigasi bawah, menggantikan tombol Explore/Search/Discovery. Mengeklik tombol Reels akan membawa pengguna ke video Reels secara acak, dan mengusap/menggeser untuk melihat video lainnya.

"Awal bulan ini kami mulai menguji tab baru di Instagram untuk mempermudah menemukan Reels yang menghibur," kata Director and Head of Partnerships Facebook India, Manish Chopra.

"Hari ini, kami memperluas tes ini di India ke sebagian besar wilayah. India adalah pasar pertama yang kami luncurkan karena minat dan kreativitas yang kami lihat. Kami berharap tab ini mempermudah orang untuk melihat dan menikmati Reels," dia menambahkan.

Reels memungkinkan pengguna merekam dan mengedit video berdurasi 15 detik dengan efek audio dan visual. Instagram telah meluncurkan Reels di India dua bulan lalu, tepat setelah pemerintah memblokir Tiktok, bersama dengan 58 aplikasi China lainnya.

Baca juga: Instagram uji coba Stories dapat dilihat lewat Facebook

Baca juga: Seperti Instagram, Facebook uji coba fitur "Shop"

Baca juga: Instagram rilis fitur baru, sarankan unggahan di "News Feed"

Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar