Jayapura (ANTARA) - Juru bicara Satgas COVID-19 Papua dr Silwanus Sumule menyebutkan sejak 17 Maret hingga 6 September 2020 sebanyak 3.286 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya.

Silwanus di Jayapura, Senin, menjelaskan 3.286 pasien itu tersebar di 28 kabupaten dan satu kota, yakni di Kota Jayapura sebanyak 1.906 orang dari 2.241 kasus dan Kabupaten Mimika, pasien sembuh 697 orang dari 851 kasus corona.

Baca juga: Utamakan keselamatan-kesehatan, pendidikan di Aceh tak boleh berhenti

Selanjutnya, di Kabupaten Jayapura yang dinyatakan sembuh sebanyak 282 orang dari 334 kasus, Kabupaten Biak Numfor 100 orang dari 168 kasus.

Pasien COVID-19 sembuh di Kabupaten Nabire 49 orang dari 87 kasus, Kabupaten Merauke 36 orang dari 70 kasus, Kabupaten Keerom 62 orang dari 67 kasus, Kabupaten Jayawijaya 60 orang dari 60 kasus.

Baca juga: Bogor Utara, kawasan paling merah di Kota Bogor ditinjau wali kota

Kabupaten Lanny Jaya tujuh orang yang dinyatakan sembuh dari 27 kasus, Kabupaten Kepulauan Yapen 23 orang dari 26 kasus, Kabupaten Tolikara 17 orang dari 25 kasus.

Kabupaten Boven Digoel yang dinyatakan sembuh17 orang dari 20 kasus corona, Kabupaten Yalimo tiga orang dari 15 kasus, Kabupaten Mappi tiga orang pasien terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 belum ada yang dinyatakan sembuh.

Baca juga: Ratusan pasien COVID-19 di Tanjungpinang-Kepri OTG, sebut Dinkes

Silwanus mengatakan, pada Minggu (6/9) pasien positif terkonfirmasi COVID-19 bertambah 40 orang berasal dari Kabupaten Merauke enam orang, Mimika sembilan orang, Kabupaten Mappi satu orang, Kabupaten Jayapura empat orang dan Kota Jayapura sebanyak 20 orang.

Pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 12 orang, yakni dari Kabupaten Mimika enam orang, Kabupaten Nabire empat orang, dan Kota Jayapura dua orang.

Sebelumnya, Silwanus menyebutkan enam kabupaten di provinsi itu masuk zona hijau/bebas dari penyebaran corona yakni Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Sarmi, Supiori, Mamberamo Tengah, Waropen dan Kabupaten Puncak Jaya.

Satgas COVID-19 Papua mencatat delapan kasus COVID-19 di Kabupaten Pegunungan Bintang, namun semuanya sembuh setelah menjalani perawatan.

Kemudian, tujuh kasus COVID-19 di Kabupaten Sarmi namun semuanya dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan. Tujuh pasien positif terpapar corona tercatat di Kabupaten Supiori namun setelah menjalani perawatan, semuanya dinyatakan sembuh.

Lalu di Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) tiga orang yang positif COVID-19 namun setelah menjalani perawatan akhirnya tiga orang itu sembuh.

Kabupaten Waropen, satu orang yang dinyatakan terpapar corona namun sudah sembuh setelah menjalani perawatan dan pengobatan. Lalu, Kabupaten Puncak Jaya, juga satu orang pasien COVID-19 namun sudah sembuh setelah menjalani perawatan.

Berdasarkan data infografis perkembangan COVID-19 di Provinsi Papua, total pasien terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 sebanyak 4.021 orang. Dari jumlah itu, 3.286 orang di antaranya dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan, 685 orang di antaranya masih menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya yang ada di wilayah tersebut.

Pasien meninggal di Papua akibat terpapar corona bertambah menjadi 50 orang dari sebelumnya 48 orang. Sedangkan yang sudah kontak erat dengan keluarga yang terpapar corona bertambah menjadi 1.703 orang dari sebelumnya 1.691 orang, kasus suspek 897 orang, probabel 28 orang, yang masih menjalani perawatan di rumah sakit masih tetap 45 orang.

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020