... diperlukan penguatan peran ayah dalam pendidikan dan pengasuhan anak.
Jakarta (ANTARA) - Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan Keluarga dan Lingkungan Rohika Kurniadi Sari mengatakan pengasuhan anak bukan hanya tanggung jawab ibu melainkan tanggung jawab kedua orang tua karena juga memerlukan peran ayah.

"Penting membangun pendidikan keayahan dalam pengasuhan keluarga. Hal itu harus menjadi perhatian bersama," kata Rohika melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Rohika mengatakan masih banyak masyarakat yang memandang konsep pengasuhan sebagai tanggung jawab seorang ibu. Karena itu, diperlukan penguatan peran ayah dalam pendidikan dan pengasuhan anak.

Menurut Rohika, anggapan bahwa pengasuhan anak merupakan tanggung jawab ibu tanpa ada pelibatan peran ayah akan menyebabkan kekosongan pengasuhan anak.
Baca juga: Pakar: Ayah berperan besar dalam pengasuhan anak

"Perlu ada sinergi dari seluruh pihak dalam menyelesaikan tantangan ini seperti partisipasi kementerian/lembaga, pemerintah daerah, lembaga masyarakat, dan media massa," tuturnya.

Salah satu upaya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam menguatkan peran ayah dalam pengasuhan anak adalah dengan menghadirkan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) di tengah masyarakat.

Puspaga merupakan layanan pembelajaran keluarga yang bersifat preventif dan promotif untuk membantu keluarga dalam mengasuh, mendidik, dan membangun karakter anak.

"Puspaga diharapkan dapat menjembatani penguatan pengasuhan dengan penguatan peran ayah," ujarnya.
Baca juga: KPPPA minta orang tua maksimalkan pengasuhan anak di era digital

Rohika berharap Puspaga dapat diakses di mana pun dan kapan pun oleh keluarga Indonesia untuk meningkatkan kualitas pengasuhan anak.

Rohika juga memuji inisiatif masyarakat dalam mendukung penguatan peran ayah dalam pengasuhan anak, salah satunya melalui pembentukan Sekolah Ayah di Bandung, Jawa Barat.

"Semoga Sekolah Ayah bisa diterapkan di berbagai daerah. Kami berharap akan ada sosok-sosok ayah yang bisa ikut berperan dalam memperkuat pengasuhan dan pendidikan yang optimal bagi anak," katanya.
Baca juga: Kemensos godok petunjuk pelaksanaan pengasuhan anak demi SDM unggul

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020