Menggunakan masker, jaga jarak, tidak berkumpul, dan bersihkan tangan saja sudah bisa membantu pemerintah.
Jakarta (ANTARA) - Kosgoro 1957, salah satu ormas pendiri Partai Golkar, mendapatkan bantuan 100.000 masker dari China Datang Corporation Ltd., perusahaan BUMN dari Tiongkok, kemudian pihaknya membagikannya kepada masyarakat.

"Ada 100.000 pieces masker yang disumbangkan. Ini merupakan bagian dari usaha Kosgoro 1957 bersama sektor swasta untuk membantu dan melindungi masyarakat dari bahaya wabah COVID-19," kata Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Kosgoro 1957 H.R. Agung Laksono, dalam pernyataan tertulis, di Jakarta, Kamis.

Penyerahan bantuan masker itu berlangsung di Kantor PPK Kosgoro 1957, Jakarta, Kamis, oleh perwakilan China Datang Corporation Ltd.

Dalam acara itu, hadir Plt. Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Syamsul Bachri, Bendahara Umum PPK Kosgoro 1957 Irsani Damayanti, anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Laksono, dan General Manager Indonesiaan Branch China Datang Corporation Zhaohong Liu.

Menurut Agung, solidaritas dan kerja sama semua elemen di masyarakat dan pemerintah adalah kunci utama untuk melawan dan memutus mata rantai penyebaran wabah COVID-19.

Dalam pembagian masker kepada masyarakat, pihaknya akan mengerahkan seluruh kader-kader Kosgoro 1957 di daerah.

"Saya harap nanti segera diedarkan ke daerah-daerah yang masuk zona merah dan hitam, seperti Jakarta, Jawa Timur, dan Bali," ujarnya.

Kosgoro 1957, lanjut Agung, menargetkan bisa mendistribusikan sebanyak 250.000 masker kepada masyarakat, di antaranya bantuan 100.000 masker dari perusahaan Tiongkok plus stok 25.000 masker yang dimiliki Kosgoro 1957.

"Ini juga dimaksudkan agar mendorong masyarakat lainnya yang memiliki kelebihan ekonomi untuk membantu beban berat kehidupan sehari-hari masyarakat jika dalam kondisi pandemi ini belum berakhir ini," ujarnya.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu mengimbau masyarakat untuk membantu pemerintah dengan tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran wabah COVID-19.

"Menggunakan masker, jaga jarak, tidak berkumpul, dan bersihkan tangan saja sudah bisa membantu pemerintah. Namun, Kosgoro 1957 tidak hanya melakukan imbauan. Ada sesuatu yang kami berikan untuk membantu masyarakat menjalankan protokol kesehatan itu," ujarnya.

Sementara itu, General Manager Indonesiaan Branch China Datang Corporation Zhaohong Liu mengatakan bahwa pihaknya berterima kasih kepada Kosgoro 1957 sebagai ormas yang memiliki kepedulian membantu masyarakat dan pemerintah dalam melawan wabah COVID-19.

Bantuan 100.000 masker itu, kata Zhaohong, merupakan bagian dari program CSR perusahaan dalam membantu masyarakat Indonesia di tengah wabah COVID-19, sekaligus diharapkan bisa mempererat hubungan Indonesia dengan Tiongkok dalam berbagai hal.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020