Besoknya saya langsung mempraktikkan dan puding-puding yang saya jual langsung laris.
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah penerima atau peserta Program Kartu Prakerja mengungkapkan manfaat dan kontribusi program tersebut dalam membantu mereka untuk memulai usaha hingga membantu keuangan keluarga di masa pandemi COVID-19.

Salah satunya adalah Jinandika Audiari yang mengikuti pelatihan membuat puding sutra atau silky pudding agar bisa memulai wirausaha.

"Besoknya saya langsung mempraktikkan dan puding-puding yang saya jual langsung laris," kata Jinandika dalam testimoninya melalui akun resmi Instagram Kartu Prakerja yakni @prakerja.go.id, Sabtu.

Baca juga: Program Kartu Prakerja bantu penerimanya pelajari hal-hal baru

Menurut dia pelatihan Kartu Prakerja yang diikutinya mudah diikuti, dipelajari serta dipahami. Bahkan resep bahan-bahan pembuatan pudingnya mudah diperoleh secara luas.

Ada juga penerima manfaat Kartu Prakerja yakni seorang tenaga honorer bernama Febriani Sumarni. Dia mengakui ikut program tersebut untuk membantu keuangan keluarganya setelah suaminya terkena PHK di masa pandemi COVID-19.

Pelatihan yang diikutinya yakni meraih omset pendapatan dari sosial media. "Saya mengikuti pelatihan tersebut agar dapat membantu keuangan keluarga saya," kata Febriani.

Baca juga: Pemerintah manfaatkan BLK Komunitas tingkatkan kapasitas pekerja

Penerima program Kartu Prakerja lainnya yakni Muchamad Riyan Tirawan, yang belum memperoleh pekerjaan, merasa bersyukur berkat pelatihan Kerja Sampingan dari Kartu PraKerja yang sangat bermanfaat dan membantu dirinya untuk bisa melalui kondisi ekonomi sulit saat ini.

"Program ini sangat bermanfaat bagi saya terlebih dengan insentif dan juga uang insentifnya buat membantu orang tua dengan kesulitan ekonomi di masa wabah Corona saat ini," kata Riyan.

Sementara itu penerima program Kartu Prakerja lainnya bernama Putri Phanisah Lubis mengakui bahwa program pelatihan makeup online yang diikutinya bisa membantunya dalam membuka jasa make up usai pandemi COVID-19 berakhir.

“Setelah pandemi COVID-19 ini, aku ingin membuka jasa make up untuk ulang tahun, engagement ataupun wedding,” ujar Putri.

Baca juga: Kemenko Perekonomian ajak pemda sinergi perkuat Kartu Prakerja

Menurut dia, para instruktur dan pelatih dalam program Kartu Prakerja sangat profesional dan tekun dalam membimbing para peserta pelatihan hingga mahir serta terampil, kendati pelatihan dilakukan via daring.

Sebelumnya Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Erick Thohir menilai program Kartu Prkerja sangat bagus, karena terdapat poin yakni mayoritas masyarakat yang mengakses adalah mereka yang terkena PHK dan pekerja informal yang terdampak pandemi COVID-19.

Direktur Manajemen Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menyampaikan bahwa mayoritas peserta program memperoleh cara atau strategi baru dalam berwirausaha setelah mendapatkan pelatihan dalam program tersebut.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020