Manado (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) menghimbau kepada jajaran wartawan, turut menggalakkan program menanam pada saat Hari Pers Nasional 9 Februari 2010 mendatang.

"Program menanam sudah menjadi kewajiban warga negara seiring mengatasi ancaman pemanasan global, dan kami membutuhkan partisipasi kalangan jurnalistik," kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulut, Rachmat Mokodongan, di Manado, Sabtu.

Dinas kehutanan Provinsi Sulut telah menyiapkan ratusan ribu bibit pohon yang akan disalurkan kepada organisasi kemasyarakat, organisasi profesi dan sebagainya, untuk dimanfaatkan sebaik mungkin.

Menurutnya, jika kalangan jurnalistik membutuhkan bibit pohon ke Dinas Kehutanan Provinsi Sulut, sebaiknya mengajukan permohonan untuk dilayani sesuai kebutuhan yang ada.

"Manfaatkan dengan baik bantuan bibit-bibit pohon dari pemerintah, dengan diarahkan penanamannya pada lokasi hutan kritis dan sebagainya," katanya.

Mokodongan juga menghimbau kalangan wartawan untuk selalu mensosialisasikan bahaya perambahan hutan dan lahan, terutama ancaman pemanasan global.

"Jika hutan selalu dirambah oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab, akan terjadi kerusakan lingkungan serta bahaya bencana alam bisa mengancam," katanya.
(T.H013/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010