AS lanjutkan pemberian ventilator, bantu Indonesia tangani COVID-19

id AS,INDONESIA,COVID-19,BANTUAN VENTILATOR AS

AS lanjutkan pemberian ventilator, bantu Indonesia tangani COVID-19

Bantuan ventilator dari pemerintah Amerika Serikat untuk Indonesia. (ANTARA/Kedubes AS Jakarta)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Amerika Serikat melanjutkan pemberian bantuan berupa ventilator untuk Indonesia, guna membantu upaya penanganan pandemi COVID-19 di dalam negeri.

 

Dalam pernyataan tertulis Kedutaan Besar Amerika Serikat yang diterima di Jakarta, Rabu, dikatakan bahwa sejumlah 400 unit ventilator tambahan dari Amerika Serikat telah tiba di Indonesia, melengkapi jumlah donasi sebanyak 1.000 ventilator sesuai dengan janji Presiden Donald Trump kepada Presiden Joko Widodo.

 

“Donasi ini melengkapi upaya berkelanjutan pemerintah Indonesia untuk memerangi COVID-19 dan menunjukkan kelanjutan komitmen Amerika Serikat untuk memimpin respons global terhadap krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya ini – di dalam negeri dan di seluruh dunia, bersama dengan teman-teman dan sekutu kami,” kata Kuasa Usaha Ad Interim Kedubes AS, Heather Variava.

 

Menurut dia, hingga saat ini lebih dari 400 unit ventilator telah didistribusikan ke berbagai rumah sakit di sejumlah daerah di Indonesia.

 

“Pemerintah AS, melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), akan terus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Indonesia untuk memfasilitasi distribusi ventilator ke 34 provinsi serta memberikan pelatihan kepada tenaga kesehatan yang tepat,” demikian Kedubes AS.

 

Sebelumnya, pemerintah AS telah memberikan bantuan berupa ventilator kepada Indonesia pada bulan Agustus dan Juli lalu.

 

Pada pemberian bantuan tahap pertama di bulan Juli, AS memberikan sebanyak 100 unit ventilator kepada Indonesia, yang diterima secara simbolis oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI Oscar Primadi dan disaksikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

 

Kemudian, dalam tahap kedua pemerintah AS memberikan sebanyak 500 unit ventilator. Kedatangan bantuan tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan perwakilan dari Kementerian Luar Negeri RI di bandar udara Halim Perdanakusuma.

 

Sebagai latar belakang, Kedubes AS menyebut bahwa selama 20 tahun terakhir, USAID telah menginvestasikan lebih dari 1 miliar dolar AS atau 14 triliun rupiah di sektor kesehatan Indonesia dan membangun landasan yang kuat untuk respons COVID-19 yang efektif.

 

Selain bantuan berbentuk alat bantu pernapasan itu, pemerintah AS juga telah menginvestasikan 11 juta dolar AS atau sekitar 187 miliar rupiah untuk upaya melawan COVID-19 di Indonesia.


Baca juga: Indonesia terima bantuan 500 unit ventilator COVID-19 dari AS

Baca juga: Temasek berikan 4 ventilator dan 2 juta masker untuk Indonesia


Pewarta : Aria Cindyara
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar