Jakarta (ANTARA) - Popularitas budaya Korea Selatan terus meningkat secara global tiap tahunnya, salah satu faktornya adalah ketenaran para aktor Korea Selatan yang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia.

Hallyu Wave atau yang juga dikenal sebagai Korean Wave merupakan istilah yang mulai digunakan sejak akhir 1990an dan awal 2000an untuk mendeskripsikan popularitas global budaya Korea yang meningkat. Bae Yong-joon, Song Seung-heon, So Ji-sub, dan Won Bin merupakan beberapa aktor pria pertama yang mendapatkan banyak penggemar di luar Korea, diikuti oleh Lee Dong-wook dan Lee Joon-gi.

Sekitar tahun 2009, Lee Min-ho, Lee Seung-gi, Jang Keun-suk, Lee Jong-suk, Song Joong-ki, dan Kim Soo-hyun juga menjadi bintang Korea yang populer. Untuk generasi saat ini, setidaknya ada sembilan aktor yang masuk dalam daftar popularitas global selama lima tahun terakhir menurut Netflix, Jumat.

Aktor Korea Park Bo Gum (ANTARA/Ho)

Park Bo-gum

Park Bo-gum memulai debutnya pada tahun 2011, sejak berperan sebagai Choi Taek di "Reply 1988" namanya langsung meroket. Bo-gum memperkuat statusnya sebagai pemain utama melalui drama bersejarah "Love in the Moonlight". Meski sekarang Bo-gum harus menjalani wajib militer, penampilannya dapat disaksikan melalui "Record of Youth".

Baca juga: Fakta menarik seputar drama "Record of Youth"

Baca juga: Drama terbaru Park Bo Gum tayang di Netflix mulai 7 September


Aktor Korea Nam Joo Hyuk (ANTARA/Ho)
Nam Joo-Hyuk

Nam Joo-hyuk pernah memainkan berbagai peran kecil sebelum akhirnya mencuri perhatian di "Who Are You: School" pada 2015. Setelah itu, dia mendapat peran pendukung di "Cheese in the Trap" sebelum akhirnya mendapatkan peran utama di "Weightlifting Fairy Kim Bok-joo" dan "The Bride of Habaek".

Kemampuan akting Nam Joo-hyuk terus meningkat, di mana penampilannya di "The Light in Your Eyes" diakui banyak orang. Kini Nam Joo-hyuk telah menjadi salah satu bintang ternama dengan dua proyek terbaru, "The School Nurse Files" dan "Start-Up".

Aktor Korea Park Seo Joon (ANTARA/Ho)

​​​​​​​Park Seo-joon

Aktor ini memulai debutnya lewat video musik pada tahun 2011 sebelum tampil di "Dream High 2". Park Seo-jun terus membangun pengalaman aktingnya melalui berbagai proyek, dan akhirnya berhasil mendapatkan peran utama di "She Was Pretty".

Drama tersebut berhasil meraih kesuksesan besar yang akhirnya menuntunnya ke berbagai peran utama lainnya, termasuk "Hwarang", "Fight for My Way", dan "What's Wrong With Secretary Kim". Dengan popularitas serial "Itaewon Class" yang mendunia, banyak orang yang menantikan proyek terbarunya.

Aktor Korea Jung Hae In (ANTARA/Ho)

Jung Hae-in

Jung Hae-in memulai debutnya di TV pada tahun 2014, namun penampilan cameonya di "Goblin" lah yang paling berkesan bagi penonton. Setelah itu, Jung Hae-in mendapatkan peran pendukung di "While You Were Sleeping" dan "Prison Playbook".

Peran utamanya di "Something in the Rain" dan "One Spring Night" juga mampu memikat hati para penggemar, sebelum akhirnya melebarkan sayap ke film lewat "Tune in for Love" yang juga menuai pujian.

Baca juga: Park Seo Joon akan buat penampilan spesial di "Record of Youth"

Baca juga: Jajanan warung favorit aktor Korea Ji Chang-wook & Kim Yoo-jung


Aktor Korea Seo Kang Jun (ANTARA/Ho)

Seo Kang-jun

Seo Kang-jun memulai karirnya di tahun 2013 dan mulai dikenal melalui peran utama pertamanya di serial "Cunning Single Lady" pada tahun 2014. Selain itu, dia juga semakin banyak memiliki penggemar setelah memainkan serial "Cheese in the Trap".

Salah satu tayangan yang membuktikan kemampuannya dalam berakting adalah "Are You Human?" di mana dia harus memerankan dua karakter yang berbeda yaitu, Nam Shin dan robot Nam Shin III. Seo Kang-jun terus memperlihatkan kemampuannya yang luar biasa dalam berakting melalui tayangan-tayangan yang berbeda seperti "The Third Charm".

Aktor Korea Woo Do Hwan (ANTARA/Ho)
Woo Do-hwan

Debutnya di serial "Save Me" pada tahun 2017 menjadi momen yang sangat penting dalam karirnya. Sukses memberikan Second Lead Syndrome, para pemirsa jelas menanti penampilannya lebih banyak lagi.

Dia mendapat peran utama pertamanya melalui "Tempted" di tahun 2018, Woo Do-hwan juga semakin digemari melalui aktingnya di "My Country" serta serial terbaru "The King: Eternal Monarch". Sayangnya, saat ini Woo Do-hwan tidak bisa berakting karena sedang mengikuti program wajib militer.​​​​​​​

Baca juga: Aktor Woo Do-hwan mulai wajib militer hari ini

Baca juga: Lee Seung-gi dan Suzy akan kembali main drama bareng


Aktor Korea Yeo Jin Goo (ANTARA/Ho)

Yeo Jin-goo

Yeo Jin-goo memulai debutnya sebagai aktor cilik pada tahun 2005 dan memainkan berbagai peran saat dia tumbuh dewasa. Salah satu penampilannya yang paling dikenal sebagai aktor cilik adalah ketika dia memerankan teman anak Kim Soo-hyun di "The Moon Embracing the Sun". ​​​​​​​

Yeo Jin-goo mulai memerankan karakter dewasa dalam serial "The Royal Gambler". Dia juga bereksperimen dalam perannya di berbagai genre, termasuk serial fantasi "Reunited Worlds" dan serial yang menggambarkan kisah cinta robot di "My Absolute Boyfriend". Yeo Jin-goo berhasil meraih kesuksesannya di serial "Hotel Del Luna" dan akan segera kembali dengan film thriller psikologis "Monster" yang akan dirilis pada tahun 2021.​​​​​​​

Aktor Korea Kim Min Jae (ANTARA/Ho)

Kim Min-jae

Setelah memainkan peran kecil dalam serial "The Producers", Kim Min-jae berhasil mendapatkan peran yang lebih besar di "Second 20s" sebagai putra Choi Ji-woo. Dia juga mampu memainkan peran yang menggemaskan saat harus berakting dengan bayi di "My Little Baby" dan memukau penonton ketika berperan sebagai Wang Yeo muda di "Goblin".

Penampilannya di "Hit the Top" dan "Tempted" juga menimbulkan Second Lead Syndrome. Kim Min-jae berhasil mendapatkan peran utama pertamanya melalui drama bersejarah "Flower Crew: Joseon Marriage Agency". Saat ini Kim Min-jae berperan dalam serial "Do You Like Brahms?

Ji Soo

Ji Soo mulai dikenal melalui serial "Angry Mom" dan chemistry-nya yang hebat dengan aktris "Kim Hee-seon". Walaupun Ji Soo adalah seorang aktor pemula, dia telah menunjukkan kemampuan aktingnya secara maksimal, termasuk memainkan peran pendukung di serial "Doctors", dan membuktikan bahwa dia adalah seorang bintang.

Ji Soo pun mulai memiliki banyak penggemar melalui perannya di "Strong Girl Bong-soon". Dia tidak ragu untuk memainkan karakter-karakter yang berbeda, seperti perannya yang penuh aksi di "Bad Guys: Vile City", maupun perannya di "My First First Love" yang membuatnya lebih dikenal lagi oleh penggemar dari mancanegara.


Baca juga: Jajanan warung favorit aktor Korea Ji Chang-wook & Kim Yoo-jung

Baca juga: Park Seo Joon terima Youtube Gold Play Button

Baca juga: Aktor Korea Selatan Park Ji-hoon meninggal dunia

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020