Pupuk Kujang pastikan stok untuk Jawa Barat, Banten, dan sebagian Jawa Tengah dalam kondisi aman
Garut (ANTARA) - PT Pupuk Kujang, anak usaha BUMN PT Pupuk Indonesia (Persero), memastikan stok pupuk subsidi di Kabupaten Garut, Jawa Barat, tersedia aman yakni mencapai 4.423 ton, sehingga petani tidak perlu khawatir kesulitan untuk mendapatkan pupuk saat musim tanam.

"Kami pastikan ketersediaan stok pupuk subsidi saat ini di gudang lini III di kabupaten/kota Jawa Barat aman, kami siap menyalurkan pupuk subsidi sesuai alokasi," kata Manajer Komunikasi Perusahaan Pupuk Kujang Fitria Ratu Pagih saat dihubungi wartawan di Garut, Jawa Barat, Senin.

Baca juga: Pupuk Kujang: Stok pupuk subsidi di gudang Cianjur masih memadai

Ia menyebutkan stok pupuk urea bersubsidi yang tersedia di gudang lini III Kabupaten Garut sampai dengan 17 September 2020 mencapai 4.423 ton atau 674 persen dari ketentuan dua pekan ke depan.

Sedangkan realisasi penyaluran wilayah Garut untuk urea, kata dia, mencapai 26.701 ton atau 101 persen dari ketentuan sebesar 26.651 ton per tahun, selain pupuk urea ada juga stok pupuk petroganik sebanyak 480 ton atau 477 persen dari ketentuan stok.

"Stok pupuk tersebut kami siapkan di gudang lini III untuk siap disalurkan kapan pun sesuai dengan alokasi, sehingga petani tidak perlu menunggu lama untuk mengaplikasikan pupuknya," katanya.

Ia menegaskan adanya stok pupuk yang tersedia di setiap kota/kabupaten itu, maka petani tidak perlu khawatir untuk menghadapi musim tanam kedua 2020.

"Pupuk Kujang pastikan stok untuk Jawa Barat, Banten, dan sebagian Jawa Tengah dalam kondisi aman," katanya.

Seorang petani dari Kelompok Tani Barokah, Desa Mekarsari, Kecamatan Karangpawitan, Garut, Yosep berharap menjelang musim tanam berikutnya pupuk tersedia sesuai kebutuhan di lapangan.

Selama ini, lanjut dia, pihaknya sudah terdaftar dalam sistem elektronik rencana definitif kebutuhan kelompok (e-RDKK) penerimaan pupuk subsidi dan sudah mendapatkan pupuk sesuai alokasi melalui kios resmi.

"Kami berharap menjelang musim tanam berikutnya alokasi pupuk subsidi untuk petani yang sudah terdaftar dalam e-RDKK bisa disalurkan," katanya.

Baca juga: Pupuk Kujang pastikan stok pupuk subsidi di Pemalang di atas ketentuan
Baca juga: Pupuk Indonesia kembangkan Program Agro Solution sejahterakan petani

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020