Hagfors, Swedia (ANTARA News/AFP) - Mikko Hirvonen dari Finlandia dengan mengendarai Ford Focus hari Minggu di Hagfors menjuarai Reli Swedia, yang merupakan reli pembukaan Kejuaraan Reli dunia musim ini.

Ia finis 42,3 detik lebih cepat dari juara dunia bertahan, Sebastien Loeb dari Prancis yang mengendarai Citroen C4.

Reli tersebut merupakan balapannya ke-99 dalam kejuaraan tersebut sejak ia melakukan debutnya tahun 2002 dan merupakan kemenangannya yang ke-12.

Kemenangan tersebut menggarisbawahi awal gemilang musim ini untuk Hirvonen (29), yang menjuarai reli saingan Reli IRC Monte Carlo bulan Januari.

"Benar-benar fantastis," katanya. "Dan saya benar-benar merasa senang reli ini berakhir setelah reli berlangsung beberapa tahap; Anda tidak dapat bayangkan betapa tegangnya saya di sana.

"Ini merupakan awal yang sempurna bagi tahun saya, saya belum pernah menjuarai babak pertama, tetapi setelah musim lalu saya mendapatkan pengalaman setahun lagi.

Runner-up Kejuaraan Reli Dunia tahun lalu itu memimpin reli tersebut dari tahapan khusus (SS) kelima dengan membuka keunggulan 10 detik dan dari situ ia ttap unggul.

Loeb, yang tahun lalu untuk keenam kalinya menjadi juara dunia, kalah di SS kelima dan usahanya untuk memperbaiki keadaan terbentur oleh pilihan buruk pada ban membuatnya ketinggalan 17 detik pada start hari tersebut.

Setelah itu ia tampaknya berusaha finis di posisi kedua pada reli berikutnya musim ini.

"Ini merupakan ahkir pekan yang keras, dan Mikko melaksankan reli yang sempurna," kata Loeb.

"Kami melakukan sedikit kesalahan kemarin, tetapi meskipun tanpa kesalahan itu, saya tidak tahu apakah saya akan mampu megalahkannya di tahap-tahap tersebut. Ia kuat dan pantas untuk menang. Saya melakukan yang terbaik. Tidak ada lagi yang harus dikatakan."

Posisi ketiga ditempati oleh pereli Finlandia lainnya, yakni Jari-Matti Latvala dengan kendaraan Ford Focus, yang tahun lalu menjuarai Reli Swedia. (S005/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010