Puan: Gotong royong skala global dibutuhkan hadapi pandemi

id DPR RI,Puan Maharani

Ketua DPR RI Puan Maharani. (ANTARA/dokumentasi pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan gotong royong skala global sangat penting dilakukan dalam menghadapi pandemik COVID-19 seperti saat ini.

"Kita harus ingat, tidak ada negara yang bisa mencapai keberlanjutan dengan cara bekerja sendiri, tidak ada pemerintah yang dapat berjalan sendiri, tidak ada orang yang dapat melakukannya sendiri," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta.

Hal itu dikatakan Puan saat menyampaikan sambutan dalam acara Trilogue Tsinghua Southeast Asia Center Cloud Forum Perayaan 70 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Cina, di Jakarta, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan Puan menanggapi pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-75. Dalam pidato yang disampaikan secara virtual, Presiden Joko Widodo mengatakan kerja sama global di bidang kesehatan harus diperkuat untuk menghadapi pandemik COVID-19.

Baca juga: Puan pastikan DPR konsisten jalankan tata kelola keuangan transparan

Baca juga: Puan minta KPU-Bawaslu sosialisasikan protokol kesehatan pada pilkada


Selain itu, Jokowi juga meminta semua negara berkolaborasi menghadapi pandemik dan tidak memunculkan rivalitas.

Puan mengungkapkan bahwa DPR RI selalu menyuarakan persatuan dan mengajak gotong royong skala global dalam forum-forum internasional seperti yang disampaikan-nya dalam acara di IPU Women Speakers Summit, Speakers Fifth World Conference, ASEAN Leaders Interface With AIPA Leaders, ASEAN Inter-Parliamentary Assembly.

Dalam Peresmian Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) dengan Parlemen Negara Sahabat beberapa bulan lalu, Puan menyampaikan bahwa Presiden pertama Indonesia, Soekarno, sejak tahun 1945 sudah pernah mengatakan bahwa: "Kita bukan saja harus mendirikan negara Indonesia merdeka, tetapi kita harus menuju pula kepada kekeluargaan bangsa-bangsa".

Menurut Puan, semangat kekeluargaan bangsa-bangsa itu yang menggerakkan Indonesia untuk semakin aktif dalam diplomasi menjalin persahabatan dengan banyak negara.

Dia mengatakan, DPR RI ingin terlibat aktif dalam memperkuat hubungan bilateral Indonesia dengan negara-negara sahabat, meningkatkan kesepahaman akan isu-isu global.

"Selain itu menghasilkan terobosan atau inovasi yang memecahkan tantangan-tantangan baru di dunia, membangun kepercayaan dan mutual understanding antarparlemen dan negara Indonesia dengan parlemen dan negara-negara sahabat," tutur-nya.

Dia percaya, semangat gotong royong perlu diterapkan secara global untuk mencapai tujuan bersama dalam menghadapi pandemik COVID-19 dan pembangunan berkelanjutan yang lebih baik.

Baca juga: Puan: Kantor pemerintah beri contoh terapkan disiplin prokes COVID-19


Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar