Surabaya (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menggandeng Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak menghijaukan kawasan Tanjung Perak Surabaya dengan menggelar kegiatan Padat Karya Bersih Lingkungan dan Penghijauan di kawasan tersebut.

Direktur SDM Pelindo III, Edi Priyanto dalam keterangannya di Surabaya, Kamis mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional 2020.

"Tanpa mengesampingkan pengawasan protokol kesehatan ketat pencegahan penyebaran COVID-19 di masa pandemi, kami para pemangku kepentingan di pelabuhan juga melakukan penanaman pohon secara simbolis di Taman Bundaran Nilam," kata Edi.

Ia mengatakan, fokus luar dari kegiatan tersebut adalah dengan melibatkan sekitar 220 warga sekitar kawasan pelabuhan yang secara ekonomi terdampak Pandemi COVID-19.

"Pelibatan warga sekitar yang membutuhkan bantuan merupakan salah satu perwujudan core value BUMN, AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif). Kurang lebih maknanya BUMN Pelindo III Group menjalankan amanah untuk menjaga keharmonisan relasi dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan, termasuk masyarakat," katanya.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Arif Toha mengatakan, dengan tema Harhubnas 2020, ‘Wujudkan Asa, Majukan Indonesia’ dapat memberikan energi positif bagi kebersamaan semua, termasuk bersama masyarakat untuk melestarikan lingkungan.

Sementara itu Direktur Utama Pelindo Marines, yang merupakan anak usaha BUMN Pelindo III, Eko Hariyadi Budiyanto juga mengapresiasi upaya penghijauan itu.

"Terima kasih kepada Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak yang telah menginisiasi diadakannya kegiatan ini. Kegiatan ini luar biasa karena membuat para pemangku kepentingan, insan maritim Tanjung Perak bergotongroyong menghijaukan kawasan di sekitar lingkungan kerja dan usahanya," katanya.
 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2020