Sepekan, revisi pertumbuhan ekonomi dan peresmian Tol Pekanbaru-Dumai

id berita ekonomi sepekan,tol pekanbaru dumai, tol terowongan gajah,kartu prakerja, pendaftaran kartu prakerja, trade expo indonesia 2020, tei 2020, pert

Foto udara Tol Pekanbaru-Dumai di Riau, Sabtu (26/9/2020). Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 Kilometer ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 26 September kemarin dan merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer. ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita ekonomi mewarnai pemberitaan selama sepekan lalu, mulai dari pemerintah yang merevisi pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk 2020 dari semula minus 1,1 persen hingga 0,2 persen menjadi minus 1,7 persen sampai minus 0,6 persen.

Pemerintah juga akan mulai membuka pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10 hingga Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai yang dilengkapi terowongan perlintasan gajah.

Berikut rangkuman berita ekonomi sepekan yang relevan dan masih menarik untuk dibaca kembali:

1. Sri Mulyani perkirakan ekonomi 2020 tumbuh minus 1,7-minus 0,6 persen

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melakukan revisi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk 2020 dari semula minus 1,1 persen hingga 0,2 persen menjadi minus 1,7 persen sampai minus 0,6 persen.

“Kementerian Keuangan melakukan revisi forecast pada September ini yang sebelumnya kita memperkirakan untuk tahun ini minus 1,1 hingga positif 0,2 kemudian forecast terbaru kita adalah kisaran minus 1,7 hingga minus 0,6 persen,” kata Sri Mulyani di Jakarta, Selasa.

2. Trade Expo Indonesia 2020 bakal digelar secara virtual mulai November

Pameran produk ekspor terbesar di Indonesia bernama Trade Expo Indonesia (TEI) 2020 digelar secara virtual pada 10-16 November 2020 untuk tetap menggenjot kinerja ekspor nasional di tengah pandemi COVID-19 yang terjadi.

“Memang dengan situasi pandemi ini kita tidak boleh berhenti, artinya kita harus maju terus. Inilah salah satu alasan kita meluncurkan TEI Virtual Exhibition, di mana mudah-mudahan kita bisa meningkatkan ekspor kita,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto saat menggelar konferensi pers secara virtual yang ditayangkan online di Jakarta, Senin.

3. Pemerintah resmi buka pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 10

Pemerintah secara resmi membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 10 untuk memenuhi target kuota penerima untuk tahun anggaran 2020 sebesar 5.597.183 orang.

"Dengan demikian, lengkaplah total kuota penerima Kartu Prakerja tahun anggaran 2020," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pernyataan di Jakarta, Sabtu.

4. Perluas penyaluran KUR UMKM, pemerintah gandeng empat platform digital

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggandeng empat platform digital yaitu Gojek, Grab Indonesia, Tokopedia, dan Shopee Indonesia untuk memperluas penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) bagi UMKM.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan hal ini sekaligus upaya pemerintah meningkatkan peran UMKM sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi.

5. Presiden Jokowi resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, ini harapannya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 kilometer secara virtual.

"Alhamdulillah pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 kilometer dengan biaya Rp12,18 triliun telah rampung dan telah selesai," kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat.

 

Pewarta : Ade irma Junida
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar