Penyelaman bersama dengan Coast Guard Turki ini, bertujuan untuk memelihara, meningkatkan kemampuan dan menguji keterampilan prajurit dalam menyelam serta sebagai upaya TNI AL dan Coast Guard Turki untuk selalu mempererat persahabatan antar kedua neg
Jakarta (ANTARA) - Prajurit Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL KRI Sultan Hasanuddin 366 menggelar latihan bersama penyelaman bawah air bersama Penjaga Pantai (Coast Guard) Turki saat kapal melaksanakan kunjungan (port visit) ke Mersin International Port (MIP), Turki, Senin (28/09).

“Penyelaman bersama dengan Coast Guard Turki ini, bertujuan untuk memelihara, meningkatkan kemampuan dan menguji keterampilan prajurit dalam menyelam serta sebagai upaya TNI AL dan Coast Guard Turki untuk selalu mempererat persahabatan antar kedua negara,” kata Komandan Satgas MTF TNI XXVIII-L/UNIFIL Letkol Laut (P) Ludfy, S.T., MMDS dalam rilis KBRI Ankara, Selasa.

Sebelum latihan bersama dimulai, dilaksanakan pengecekan kondisi para prajurit yang akan melakukan penyelaman oleh tim kesehatan KRI Sultan Hasanuddin 366 dan dilanjutkan dengan pengecekan alat-alat selam serta pengarahan penyelaman.

Dalam kegiatan ini, TNI AL menerjunkan tiga penyelam sementara Coast Guard Turki menurunkan satu penyelam.

Pelatihan penyelaman bersama prajurit Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL KRI Sultan Hasanuddin 366 dengan Coast Guard Turki di Mersin International Port, Senin (28/09/2020). (Handout KBRI Ankara)


Kemampuan menyelam merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki prajurit TNI AL khususnya prajurit yang berdinas di KRI, sehingga selalu siap menghadapi situasi darurat seperti kebocoran kapal, maupun situasi normal seperti pengecekan rutin bangunan kapal bawah air termasuk kemudi, propeler, dan peralatan navigasi.

Sejak lumpuhnya Pelabuhan Beirut akibat ledakan dahsyat Agustus lalu, KRI Sultan Hasanuddin 366 yang saat ini tergabung dalam misi perdamaian PBB di perairan Lebanon, secara berkala melakukan kunjungan di pelabuhan Mersin International Port (MIP) di Kota Mersin, Turki, guna keperluan logistik dan perawatan rutin.

Kesempatan port visit tersebut digunakan untuk meningkatkan kesiapan KRI Hasanuddin menghadapi situasi darurat. Dalam hal ini, KBRI Ankara melalui Tim Atase Pertahanan memberikan berbagai dukungan yang diperlukan bagi kelancaran misi KRI Hasanuddin.

Port Visit ke pelabuhan Mersin kemungkinan secara rutin akan dilakukan oleh KRI Hasanuddin hingga situasi di Lebanon, khususnya Pelabuhan Beirut, kondusif untuk bersandar.


Baca juga: Terdampak pandemi, perwakilan RI pulangkan 144 WNI dari Turki

Baca juga: Turki masuki masa normal, perwakilan RI pulangkan 177 WNI


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020