Seluruh pegawai DKPP negatif COVID-19

id Dkpp,tes usap, tes cepat, dkpp tes usap

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar 'swab test' atau tes usap untuk seluruh pegawai dan pimpinan DKPP pada Senin 28 September 2020. (ANTARA/HO-Humas DKPP)

Jakarta (ANTARA) -
Seluruh pimpinan dan pegawai Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dinyatakan negatif COVID-19 hasil pemeriksaan tes usap yang digelar pada Senin 28 September 2020.
 
"Dari seluruh pimpinan dan pegawai DKPP yang melakukan swab test (tes usap) pada hari Senin, 28 September 2020 di kantor DKPP, semuanya dinyatakan negatif," kata Sekretaris DKPP Bernad Dermawan Sutrisno di Jakarta, Selasa.
 
Walaupun demikian, Bernad tetap berpesan agar seluruh pegawai di DKPP untuk tidak berpuas diri serta tetap disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan agar senantiasa sehat dan terbebas dari COVID-19. "Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa berdoa," ucap dia.
 
Untuk diketahui, tes usap COVID-19 massal itu pertama kali diadakan oleh Sekretariat DKPP dalam masa pandemik ini.

Baca juga: Seluruh pegawai DKPP jalani uji usap

Baca juga: DKPP: KPU-Bawaslu-Satgas harus duduk bersama bahas protokol kesehatan
 
Sebelumnya, DKPP juga telah melakukan tiga kali tes cepat (rapid) untuk seluruh pegawai DKPP serta ketua dan anggota DKPP. Tes cepat tersebut dilakukan setiap dua minggu sekali, sejak 24 Agustus 2020 dan terakhir dilakukan pada 21 September 2020.
 
Ke depan, DKPP juga akan melakukan tes rutin usap setiap dua minggu sekali dan tetap melanjutkan tes rutin, tes cepat yang sudah dilakukan sebelumnya.
 
Rencananya, tes usap COVID-19 akan dilakukan hingga 21 Desember 2020 dan tes cepat akan dilaksanakan sampai 28 Desember 2020.
 
Sebelumnya, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar swab test atau tes usap untuk seluruh pegawai dan pimpinan DKPP pada Senin 28 September 2020.
 
Bernad mengatakan tes itu dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan kantor DKPP.
 
"Sebagai garda terdepan dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 di masa pandemik COVID-19, maka DKPP ingin memastikan pimpinan dan staf DKPP melakukan protokol kesehatan serta pencegahan penularan virus COVID-19," ujarnya.
 
Salah satu cara mencegah penularan COVID-19 menurut dia adalah melakukan tes usap dan tes cepat bagi seluruh pegawai DKPP secara rutin dua minggu sekali.

Baca juga: Anggota DKPP: KPU-Bawaslu masih gamang terapkan protokol COVID-19

Pewarta : Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar