Tahun depan, rencananya akan ada dua lagi SPBU BBM Satu Harga yang akan beroperasi di Lampung Barat
Bandarlampung (ANTARA) - PT Pertamina (Persero)  Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel meresmikan tiga SPBU BBM Satu Harga di wilayah tertinggal, terdepan, terluar (3T) di Kabupaten Lampung Barat, Lampung.

"Ketiga SPBU itu di Kecamatan Pagar Dewa, Kecamatan Kebun Tebu, dan Kecamatan Air Hitam," kata Region Manager Communication, Relations, & CSR Sumbagsel Dewi Sri Utami dalam keterangannya yang diterima di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengungkapkan sesuai mandat dari pemerintah terkait Program BBM Satu Harga pada 2020, Pertamina Sumbagsel mendapat target pembangunan di 15 titik, antara lain 3 titik di Provinsi Bengkulu, 5 titik di Sumatera Selatan, dan 7 titik di Provinsi Lampung.

Saat ini, 7 titik SPBU BBM Satu Harga beroperasi di Sumbagsel, sebarannya meliputi Kabupaten Musi Banyuasin, Bengkulu Utara, Lampung Barat, dan Musi Rawas Utara. Empat titik BBM Satu Harga eksisting sejak 2018 dan 3 titik baru saja diresmikan.

"Kami berharap dengan BBM Satu Harga ini, tidak sekadar memberikan keseragaman harga BBM di masyarakat tetapi juga memberikan kemudahan akses BBM bagi warga di wilayah 3T sehingga mendorong kemajuan ekonomi masyarakat,” kata Dewi.

Tahun depan, rencananya akan ada dua lagi SPBU BBM Satu Harga yang akan beroperasi di Lampung Barat, yaitu di Kecamatan Lombok Seminung dan Gedung Surian.

Peresmian lembaga penyalur BBM Satu Harga dilaksanakan serentak oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, Direktur BBM BPH Migas, Patuan Alfon S di SPBU PT Berkah Rayon Empat, Pekon Sidomulyo, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat.

Turut hadir perwakilan Pertamina Sales Area Manager (SAM) Lampung Bengkulu Donny Brilianto, serta Sales Branch Manager (SBM) Rayon IV Lampung Bengkulu Ferry Fernando.

Parosil Mabsus menyatakan bahwa kehadiran 3 penyalur BBM Satu Harga ini menjadi kado ulang tahun Lampung Barat yang ke-29, diharapkan pula kehadirannya dapat menambah jumlah UMKM, mengurangi angka kemiskinan, dan dapat mendongkrak pariwisata.

Andang, warga Pagar Dewa, Lampung Barat, mengatakan untuk bisa mendapatkan akses BBM dengan harga sama dengan SPBU terjawab sudah.

Ia dapat membeli premium seharga Rp6.450 per liter di SPBU BBM Satu Harga, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat.

"Saya berterima kasih pada Pertamina, karena ada SPBU Satu Harga ini selisih harga lumayan banyak, bisa buat tambah-tambah biaya lainnya. Sebelum ada SPBU ini, saya beli premium Rp10 ribu per liter di pengecer,” kata pria yang sehari-hari bekerja sebagai pengepul kopi.

Andang terpaksa beli di pengecer, karena untuk ke SPBU harus menempuh perjalanan jauh sekitar 40 km.

Tak hanya premium, warga Pagar Dewa, juga bisa membeli solar seharga Rp5.150 per liter, serta produk Pertamina lainnya seperti Pertamax dan Bright Gas dengan harga yang sama dengan di SPBU yang lain.

Kehadiran SPBU BBM Satu Harga sebagai wujud keadilan sosial bagi masyarakat di pelosok untuk mendapatkan akses energi dengan harga yang sama di wilayah lainnya.

Baca juga: Pertamina bangun 15 titik BBM satu harga di wilayah 3T
Baca juga: Pertamina optimistis 83 titik BBM satu harga tercapai
Baca juga: Tiga SPBU BBM satu harga dibangun di Sulteng

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020