Cleveland (ANTARA) - Presiden Donald Trump dari Partai Republik dan saingannya dari Partai Demokrat, Joe Biden, saling serang terkait isu virus corona, ekonomi, serta pajak dalam debat pertama pemilu presiden Amerika Serikat (AS) di Cleveland, Selasa (29/9).

Dengan moderator Chris Wallace mencoba untuk mengontrol debat, kedua pesaing yang memperebutkan kursi Gedung Putih berbicara satu sama lain dan melontarkan penghinaan dalam perkelahian politik yang membuat sulit bagi salah satu kandidat untuk membuat poin.

"Maukah Anda tutup mulut, Bung? Ini sangat tidak rahasia," kata Biden yang kesal setelah interupsi berulang kali hanya pada segmen pertama perdebatan tentang Mahkamah Agung.

"Anda adalah presiden terburuk yang pernah dimiliki Amerika," ujar Biden yang menyebut Trump "badut" dan "rasis".

Biden mempertanyakan kepemimpinan Trump untuk menanggapi pandemi virus corona, mengatakan Trump telah panik dan gagal melindungi warga Amerika karena dia lebih peduli dengan ekonomi.

"Dia panik atau dia melihat pasar saham," kata Biden tentang Trump, yang telah mendorong negara-negara untuk membuka kembali ekonomi mereka dan meremehkan ancaman pandemi.

"Banyak orang meninggal dan lebih banyak lagi yang akan mati kecuali dia menjadi jauh lebih pintar, jauh lebih cepat," kata Biden.

Trump keberatan dengan Biden menggunakan kata "pintar".

"Anda lulus dengan nilai terendah atau hampir terendah di kelasmu. Jangan pernah menggunakan kata pintar dengan saya. Jangan pernah menggunakan kata itu," ujar Trump.

Trump membela pendekatannya terhadap pandemi, yang telah menewaskan lebih dari 200.000 orang di AS dan menyebabkan jutaan orang Amerika kehilangan pekerjaan.

"Kami telah melakukan pekerjaan dengan baik. Tetapi saya katakan pada Anda, Joe, Anda tidak akan pernah bisa melakukan pekerjaan yang kami lakukan. Anda tidak memilikinya dalam darahmu," Trump melanjutkan.

Dengan lebih dari satu juta orang Amerika sudah memberikan suara awal dan waktu hampir habis untuk berubah pikiran atau memengaruhi sebagian kecil pemilih yang belum memutuskan, taruhannya sangat besar karena dua kandidat presiden AS itu naik panggung lima minggu sebelum hari pemilu 3 November.

Kedua pesaing tidak berjabat tangan saat memasuki debat, patuh pada protokol tentang jarak sosial karena virus corona.

Dalam jajak pendapat nasional, Biden (77) secara konsisten telah memimpin atas Trump (74), meskipun survei di medan pertempuran menyatakan bahwa yang akan memutuskan pemilu menunjukkan persaingan yang lebih ketat.

Debat selama 90 menit, dengan penonton tatap muka yang terbatas dan menjaga jarak sosial karena pandemi, diadakan di Case Western Reserve University di Cleveland. Acara tersebut adalah yang pertama dari tiga debat presiden yang dijadwalkan, serta satu debat wakil presiden.


Sumber: Reuters

Baca juga: Biden tolak klaim Trump bahwa vaksin COVID-19 segera tersedia
Baca juga: Trump adakan kampanye di dalam ruangan di tengah kekhawatiran corona
Baca juga: Pasangan Demokrat Biden dan Harris tampil bersama kampanye perdana


 

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2020