DPR RI mendukung semua langkah untuk meningkatkan profesionalitas TNI.
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan TNI harus terus menjaga integritas dan profesionalitasnya dalam menghadapi berbagai tantangan pada masa depan.

DPR RI, kata Puan, mendukung semua langkah untuk meningkatkan profesionalitas TNI tersebut.

"TNI harus makin profesional, harus melindungi rakyat Indonesia, dan setiap jengkal tanah air Indonesia," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Hal itu dikatakannya terkait Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 TNI pada tanggal 5 Oktober 2020.

Puan menegaskan bahwa TNI berperan penting dalam menjaga kedaulatan Indonesia, bahkan peran TNI saat ini juga diperlukan dalam menguatkan gotong royong menangani pandemi COVID-19.

Baca juga: Presiden: TNI bertransformasi signifikan dalam 5 tahun terakhir

Ia meyakini TNI dapat makin profesional bersinergi untuk negeri, dan harus terus menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

Menurut dia, TNI selalu membaktikan diri untuk bangsa dan negara sesuai dengan Sapta Marga TNI, termasuk saat pandemi COVID-19 melanda Indonesia.

"Saat pandemi COVID-19, prajurit TNI hadir dalam upaya penanganannya, mulai dari menguatkan langkah pencegahan hingga penanganan dampak pandemi tersebut," ujarnya.

Upacara peringatan HUT Ke-75 TNI pada hari Senin (5/10) digelar terbatas dan daring yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo.

Peringatan HUT Ke-75 TNI Tahun 2020 mengambil tema "Sinergi untuk Negeri".

Adapun rangkaian peringatannya dimulai dengan bakti sosial, ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Kalibata, hingga ke makam Panglima Besar TNI Jenderal Sudirman.

Baca juga: Presiden Jokowi minta TNI antisiapsi karakter pertempuan masa depan

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020