Jakarta (ANTARA) - Tujuh negara yakni Bosnia-Herzegovina, Serbia, Israel, Georgia, Belarusia, Makedonia Utara dan Kosovo berpeluang melakoni debut di putaran final Euro jelang rangkaian semifinal playoff kualifikasi EURO 2020 yang digelar Kamis malam ini hingga Jumat dini hari WIB.

Dari ketujuh negara tersebut, dipastikan akan ada satu negara yang melakoni debut di EURO 2020, sebab Georgia, Belarusia, Makedonia Utara dan Kosovo tergabung di Jalur D, di mana pemenangnya bakal meraih satu dari empat tiket putaran final yang tersisa.

Baca juga: Makedonia bertekad manfaatkan kesempatan emas tampil di Euro 2020

Georgia akan menjamu Belarusia di Stadion Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, sebelum Kosovo bertandang ke Tose Proeski Arena di Skopje untuk menghadapi Makedonia Utara.

Pemenang kedua laga semifinal itu akan bertemu sebulan berselang untuk memperebutkan satu tiket dari Jalur D.

Di Jalur C, Serbia dan Israel bisa menciptakan final playoff yang ideal apabila masing-masing bisa melewati hadangan Norwegia dan Skotlandia di semifinal.

Baca juga: Pengakuan suporter jadi motivasi Serbia di playoff EURO 2020

Sementara itu di Jalur B, Bosnia-Herezogina akan menjamu Irlandia Utara dalam laga semifinal playoff di Sarajevo. Laga semifinal lain di Jalur B mempertemukan Slowakia dengan Republik Irlandia, yang punya pengalaman lolos ke putaran final Euro dua edisi terakhir lewat kemenangan di fase playoff.

Di Jalur A, Islandia yang dalam lima tahun terakhir performa sepak bolanya menanjak tajam akan menghadapi Rumania yang berstatus paling berpengalaman tampil di putaran final dibandingkan tim-tim peserta playoff lainnya.

Pemenang semifinal tersebut bulan depan akan bertemu Bulgaria atau Hongaria yang pada saat bersamaan berhadapan di Sofia.

Baca juga: Rusia percaya diri lewati fase grup Euro 2020
Baca juga: Hasil undian grup putaran final Euro 2020


Berikut jadwal semifinal playoff kualifikasi EURO 2020 (dalam WIB, jalur, tuan rumah disebut pertama):

Kamis (8/10) malam s.d. Jumat (9/10) dini hari
23.00 (D) Georgia vs Belarusia
01.45 (A) Bulgaria vs Hongaria
01.45 (A) Islandia vs Rumania
01.45 (B) Bosnia-Herzegovina vs Irlandia Utara
01.45 (B) Slowakia vs Republik Irlandia
01.45 (C) Norwegia vs Serbia
01.45 (C) Skotlandia vs Israel
01.45 (D) Makedonia Utara vs Kosovo

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020