FIA siapkan rencana cadangan antisipasi cuaca buruk di Nurburgring

id formula1,formula one,nurburgring

FIA siapkan rencana cadangan antisipasi cuaca buruk di Nurburgring

Petugas berada di Sirkuit Nurburgring, Jerman, ketika cuaca buruk menunda sesi latihan Grand Prix Eifel pada Jumat. (9/10/2020) Reuters/Wolfgang Rattay/Pool

Jakarta (ANTARA) - FIA sedang menyiapkan rencana cadangan untuk menjaga kelangsungan Grand Prix Eifel akhir pekan ini setelah cuaca buruk menyebabkan dua sesi latihan pada Jumat batal digelar.

Kedua sesi latihan di Sirkuit Nurburgring itu tidak terlaksana lantaran helikopter medis yang disiapkan untuk penerbangan ke rumah sakit terdekat dalam keadaan darurat dinyatakan tidak aman terbang dalam kondisi cuaca hujan dan berkabut hari itu.

Sirkuit yang berada di daerah pegunungan di wilayah Eifel, Jerman itu terlalu jauh dari pusat medis terdekat yang jaraknya lebih dari 20 menit jika ditempuh lewat jalur darat, melebihi batas transfer yang diatur oleh FIA.

Baca juga: Dua sesi latihan bebas GP Eifel batal digelar karena cuaca buruk

"Prakiraan cuaca terlihat lebih baik (untuk Sabtu) namun kami juga sedang mengerjakan sejumlah rencana cadangan jika kami memiliki situasi yang serupa," kata race director Michael Masi seperti dikutip Reuters, Jumat.

Dengan dua sesi latihan terlewatkan, para pebalap dan tim memiliki hanya satu sesi latihan di FP3 pada Sabtu jelang kualifikasi.

Sementara, Nurburgring terakhir kali menggelar Grand Prix F1 pada 2013 silam. Tim dan pebalap bakal bekerja keras untuk menentukan setup mobil yang pas nantinya.

Baca juga: Raikkonen siap pecahkan rekor Formula 1 di Nurburgring

Waktu efektif dua hari di Nurburgring juga bisa sebagai persiapan untuk balapan di Imola bulan depan, yang mana F1 sebelumnya merencanakan balapan di sirkuit Italia itu terdiri dari hanya dua hari.

"Ini seperti latihan untuk Imola," kata bos tim Racing Point Otmar Szarnauer. "Ini memberi tekanan kepada setiap orang untuk lebih cepat lagi."

Juara dunia enam kali Lewis Hamilton menghabiskan waktu sembari menunggu cuaca membaik hari itu dengan bermain-main dengan anjing bulldong peliharaannya, Roscoe.

"Akan menjadi tantangan serius dengan sesi latihan yang berkurang, jadi aku akan menantikan itu," kata pebalap yang bisa menyamai rekor 91 kemenangan Michael Schumacher itu.

Baca juga: Cuaca buruk batalkan debut latihan F1 Mick Schumacher
Baca juga: Vettel berharap Mick Schumacher membalap di Formula 1 tahun depan

Pewarta : Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar