Shin Tae-yong lakukan perubahan formasi saat hadapi Macedonia Utara

id timnas u19,shin taeyong,piala asia u19,piala dunia u20,aa

Manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kiri) memberikan keterangan kepada pewarta terkait timnas U-19 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (20/8/2020). ANTARA/Michael Siahaan/aa.

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong menyebut bahwa dirinya bakal melakukan perubahan formasi saat menghadapi Macedonia Utara dalam laga uji coba di Stadion NK Junak Sinj, Split, Kroasia, Minggu (11/10).

"Akan ada sedikit perubahan di dalam formasi. Untuk persiapan tim sama seperti pertandingan sebelumnya," ujar Shin, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Sabtu.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, Macedonia Utara adalah tim yang bagus dengan karakter permainan Eropa Timur.

Shin pun meminta anak-anak asuhnya untuk fokus sepanjang laga agar dapat meraup hasil positif.

Baca juga: Timnas U-19 benamkan NK Dugopolje 3-0
Baca juga: Gelandang timnas U-19 lega sembuh dari cedera dan kembali bertanding


"Macedonia Utara adalah tim bagus dan mereka pasti memanfaatkan uji coba ini untuk mengikuti turnamen di Eropa," kata pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Para pemain timnas U-19 pun berjanji untuk mengeluarkan performa terbaik dalam laga uji coba kedua mereka di Kroasia.

Penyerang timnas U-19 Irfan Jauhari memastikan dia dan rekan-rekannya telah mempersiapkan diri dengan maksimal untuk pertandingan tersebut.

"Seperti biasa terus melakukan persiapan yang baik jelang menghadapi Macedonia Utara. Kami akan berjuang keras dan meraih hasil terbaik melawan mereka," tutur Irfan.

Timnas U-19 berada di Kroasia sejak akhir Agustus 2020 untuk menjalani pemusatan latihan (TC).

Selama TC di Kroasia, timnas U-19 sudah menjalani delapan pertandingan uji coba dengan hasil tiga kali menang, dua kali seri dan tiga kali kalah. Sebanyak tujuh dari delapan laga tersebut berlangsung pada September 2020.

Tiga kemenangan timnas U-19 diraih saat berhadapan kontra Qatar, Dinamo Zagreb dan NK Dugopolje yang ditaklukkan masing-masing dengan skor 2-1, 1-0 serta 3-0.

Hasil seri didapatkan ketika melawan Qatar dan Arab Saudi, sementara kekalahan datang saat bersua Bulgaria, Kroasia serta Bosnia-Herzegovina.

TC timnas U-19 di luar negeri menjadi persiapan menuju Piala Asia U-19 yang rencananya dilaksanakan pada awal tahun 2021 di Uzbekistan.

Setelah Piala Asia U-19, timnas U-19 diproyeksikan untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20 di Indonesia yang dilaksanakan pada 20 Mei-12 Juni 2021.

Baca juga: PSSI: cedera Bagas dan Supriadi tak serius
Baca juga: Elkan Baggott semringah bergabung kembali dengan timnas U-19

Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar