Pelayaran lintas Meulaboh-Simeulue Aceh dibatalkan karena cuaca buruk

id pelayaran aceh,meulaboh,simeuleu

Pelayaran lintas Meulaboh-Simeulue Aceh dibatalkan karena cuaca buruk

Dokumentasi - KMP Teluk Sinabang saat melego jangkar di Pelabuhan Penyeberangan Meulaboh, di kawasan Kuala Bubon, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat. (Antara Aceh/Syifa Yulinnas)

Meulaboh (ANTARA) - Aktivitas pelayaran ke pulau terluar Aceh di Kabupaten Simeulue dari Meulaboh sejak Sabtu (10/10) hingga Senin malam (12/10) masih terhenti karena cuaca buruk yang melanda kawasan ini sejak beberapa hari terakhir.

“Sampai saat ini kapal belum bisa berangkat karena cuaca buruk terus melanda perairan Samudera Indonesia di wilayah barat Aceh,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelabuhan Meulaboh, Aceh Barat, Romi Masri, Senin.

Menurutnya, sesuai jadwal pelayaran operasional Kapal Motor Penumpang (KMP) Teluk Sinabang dari Sinabang, Pulau Simeulue,  ke Meulaboh, Kabupaten Aceh, dilakukan setiap Jumat dan Ahad. Sedangkan untuk pelayaran dari Meulaboh ke Sinabang dilayani setiap Sabtu dan Senin.

Baca juga: Pelayaran kapal ke Meulaboh Aceh dihentikan sementara

Namun sejak pekan lalu hingga kini, jadwal pelayaran kapal tersebut belum bisa dilakukan, menunggu membaiknya cuaca.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan ini, pelayaran kapal terpaksa dihentikan sementara karena cuaca sangat buruk,” kata Romi Masri menambahkan.

Ia menuturkan PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan Indonesia Ferry (Persero) selaku operator kapal terpaksa membatalkan jadwal pelayaran karena demi keselamatan penumpang.

Baca juga: Pelayaran Sinabang-Meulaboh Aceh dihentikan akibat cuaca buruk

Selain mengganggu pelayaran ke Aceh Barat, badai juga mengganggu jadwal pelayaran KMP Labuhan Haji yang selama ini melayani pengangkutan dari Pulau Simeulue, ke Kabupaten Aceh Selatan.

“Untuk sementara operasional kapal belum bisa dipastikan kapan akan dimulai kembali, pastinya jika cuaca sudah membaik, operasional kapal pasti akan normal seperti semula,” kata Romi Masri.

Baca juga: Cuaca buruk, ASDP hentikan pelayaran Banda Aceh-Sabang

Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar