UI membuka diri pada peluang kolaborasi
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menjalin kerja sama dengan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat untuk mewujudkan kampus merdeka belajar.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (NKB) yang dilakukan oleh Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dan Direktur PNJ Dr.Sc. Zainal Nur Arifin pada Rabu, secara daring.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro menanggapi positif terjalinnya kerja sama antara UI dengan PNJ, yang merupakan “tetangga yang paling dekat" dengan UI.

Menurutnya kolaborasi sangat dibutuhkan di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Tantangan dunia pendidikan tinggi merupakan hal yang belum pernah dirasakan oleh seluruh sivitas akademika.

"Pandemi COVID-19 menjadi bukti nyata bahwa kita saat ini hidup di tengah-tengah VUCA World, yaitu dunia yang Volatile, Uncertain, Complex, dan juga Ambigu," jelasnya.

Ibaratnya kata rektor pihaknya  tengah berada di suatu kapal yang mengarungi badai di tengah-tengah samudera. Selain itu, revolusi industri 4.0, juga mengharuskan lulusan pendidikan tinggi dapat memecahkan solusi dari berbagai tantangan dan permasalahan yang akan muncul di era automasi, internet of things dan digitalisasi.”

"UI membuka diri pada peluang kolaborasi dengan berbagai stakeholders. Dengan demikian, perguruan tinggi tetap memberikan sumbangsih dan keunggulannya dalam aktivitas Tridharma Perguruan Tinggi," katanya.

Saat ini, UI telah berkolaborasi dengan pihak pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, serta sektor industri. Kerja sama dengan pihak universitas atau institusi pendidikan tinggi juga krusial agar di masa pandemi ini, sivitas akademika tetap berkomitmen untuk melakukan riset serta inovasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Kerja sama antara UI dengan PNJ ke depannya diantaranya penyelenggaraan kolaborasi riset dan pengembangan sumber daya; penyelenggaraan kegiatan ilmiah, kajian ilmiah, seminar, dan lokakarya; serta peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia.

Kerja sama ini juga merupakan perwujudan program Kampus Merdeka Belajar. Mahasiswa PNJ bisa mengambil perkuliahan di fakultas atau sekolah atau vokasi UI.

Selain itu, kerja sama riset dan pengabdian masyarakat juga bisa dilakukan antar dosen-dosen di UI dengan PNJ, agar ke depan kebutuhan linkage antara lulusan perguruan tinggi dengan dunia industri semakin terjalin dengan baik.

Baca juga: "Kampus Merdeka" arahkan mahasiswa jadi penggerak transformasi

Baca juga: Ditjen Dikti luncurkan logo Kampus Merdeka

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020