Menko PMK: Indonesia siap selenggarakan forum internasional GPDRR

id Muhadjir effendy, presiden jokowi,Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR)

Menko PMK: Indonesia siap selenggarakan forum internasional GPDRR

Dokumentasi - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy (tengah) didampingi Bupati Lebak Iti Oktavia (kiri) meninjau lokasi banjir bandang di Sungai Ciberang di Kampung Lebak Gedong, Lebak, Banten, Sabtu (4/1/2020). ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan Indonesia siap menyelenggarakan forum internasional Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR), yang merupakan forum PBB untuk mendiskusikan perkembangan penanganan kebencanaan di Bali tahun 2022.

"Intinya Indonesia siap melaksanakan pertemuan dan kesiapannya sudah dimulai dari hari ke hari dan akan kita intensifkan," ujar Muhadjir Effendy dalam konferensi pers virtual seusai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Menko PMK: Penanganan pandemi COVID-19 Indonesia dalam trek yang benar

Muhadjir menyampaikan pemerintah akan mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan dan masalah yang harus segera diurai agar penyelenggaraan forum dua tahunan yang akan dihadiri perwakilan 193 negara itu betul-betul berjalan dengan baik.

Menurut Muhadjir, dalam rapat terbatas (ratas), Presiden menyampaikan arahannya agar momentum penyelenggaraan forum tersebut digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan nasional, termasuk untuk menunjukkan, mempromosikan, serta menjelaskan tentang praktik-praktik yang dilakukan Indonesia dalam menangani masalah kebencanaan, baik bencana alam maupun non-alam.

Baca juga: Menko PMK: Pandemi momentum instal ulang transformasi ekonomi desa

Baca juga: Kampanye peduli COVID-19, Menko PMK bagikan masker di Medan


"Presiden meminta supaya disiapkan sebaik-baiknya. Selain itu, kita akan memanfaatkan momentum ini untuk menjadi bagian dari rangkaian upaya kita melakukan pemulihan ekonomi," jelasnya.

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar