BPOM ke China cek mutu vaksin COVID-19

id vaksin COVID-19,BPOM

Ilustrasi - Seorang pekerja melakukan pemeriksaan kualitas di fasilitas pengemasan pembuat vaksin China Sinovac Biotech, mengembangkan vaksin penyakit coronavirus eksperimental (COVID-19), selama tur media yang diselenggarakan pemerintah di Beijing, China, 24 September 2020. ANTARA/REUTERS / Thomas Peter / File Foto/pri.

Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Obat dan Makan bersama delegasi Indonesia lainnya melakukan inspeksi mutu vaksin COVID-19 di fasilitas produksinya di China, Kamis.

"BPOM melakukan inspeksi Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) yang dilakukan di fasilitas produksi vaksin untuk memastikan mutu produk vaksin tersebut," kata Direktur Registrasi Obat BPOM Lucia Rizka Andalusia dalam jumpa pers daring, Kamis.

Ia mengatakan Tim Inspektur CPOB BPOM di China akan menginspeksi fasilitas produksi vaksin yang akan dibeli pemerintah Indonesia.
Baca juga: MUI akan ke China cek kehalalan vaksin COVID-19
Baca juga: Pemerintah Indonesia sebut vaksin COVID mulai tersedia November 2020


Melalui inspeksi itu, dia mengatakan BPOM dapat memastikan mutu vaksin mulai dengan pengamatan kepatuhan industri dan cara memastikan produksi vaksin sesuai skema CPOB.

Tim BPOM akan melakukan inspeksi di tiga sarana produksi vaksin COVID-19, yaitu Sinovac, Sinopharm dan Cansino.

"Serangakaian kergiatan inspeksi tersebut ditujukan untuk mempercepat akses terhadap vaksin aman, berkhasiat dan bermutu di Indonesia," katanya.

BPOM, lanjut dia, ke China tergabung dalam tim yang terdiri dari LPPOM MUI dan kementerian/lembaga negara seperti Kementerian Kehatan serta PT Biofarma.
Baca juga: Kisaran harga vaksin COVID-19 di Indonesia Rp200 ribu

Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar