Terjadi penurunan kasus positif dan peningkatan pasien sembuh
Jakarta (ANTARA) - Edukasi 3M dan gencar menggelar 3 T mampu menurunkan kasus penyebaran virus corona (COVID-19) di Cilincing, Jakarta Utara.

"Terjadi penurunan kasus positif dan peningkatan pasien sembuh," kata Kepala Puskesmas Cilincing Edison di Jakarta, Jumat. 

Ia menjelaskan gerakan 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Sementara 3T yakni program pemeriksaan (testing), pelacakan (tracing) dan pengobatan (treatment).

Edison menjelaskan data dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, kurva kasus positif Kecamatan Cilincing pada pekan pertama (5-11 Oktober) menurun dari 136 orang menjadi 65 orang pada pekan ke dua (12-16 Oktober).

Sedangkan kurva kasus sembuh dalam rentang waktu yang sama terjadi kenaikan dari 34 orang menjadi 72 orang.

“Masyarakat semakin memahami bagaimana cara mengantisipasi agar tidak tertular COVID-19 dan partisipasi masyarakat terhadap 3T yang dilakukan pemerintah semakin tinggi,” jelas Edison.

Edison memastikan, pemeriksaan (testing) telah dilakukan secara terus menerus di berbagai kelurahan di Kecamatan Cilincing sebagai langkah pelacakan terhadap penyebaran COVID-19.

Demikian pula pengobatan yang dilakukan dengan pemantauan warga yang terpapar COVID-19, baik melakukan isolasi mandiri di rumah, isolasi terpadu, maupun rumah sakit.

“Yang pasti masyarakat jangan pernah puas dengan data saat ini dan selalu melaksanakan 3M dan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) kapan pun dan dimana pun berada,” harap Edison.
#satgascovid19
#ingatpesanibupakaimasker

Baca juga: Total kasus positif COVID-19 Jakarta sebanyak 91.337 pada Kamis
Baca juga: Pasien sembuh COVID-19 di Jakarta bertambah 1.191

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020