PSSI: 22 pemain perkuat timnas U-16 di UAE

id timnas u16,bima sakti,piala asia u16

Para pemain tim nasional U-16 Indonesia menjalani pemusatan latihan (TC) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (6/7/2020). Kegiatan itu menjadi persiapan tim menuju Piala Asia U-16 2020 yang berlangsung pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain. (ANTARA/HO/PSSI) (ANTARA/HO/PSSI)

Jakarta (ANTARA) - PSSI menyatakan sebanyak 22 pemain memperkuat tim nasional U-16 dalam dua laga uji coba di Uni Emirat Arab (UAE) pada 21 dan 24 Oktober 2020.

Dikutip laman resmi PSSI di Jakarta, Minggu, pelatih timnas U-16 Bima Sakti menyebut bahwa para pemain yang dibawa ke UAE sudah masuk ke dalam kerangka tim.

"Sebenarnya dari awal kami sudah mempunyai kerangka timnya. Namun, kami memanggil beberapa pemain lain sebagai proses tambal sulam di skuat. Ini karena kami masih perlu memperkuat beberapa posisi," ujar Bima.

Menurut juru taktik timnas Indonesia di Piala AFF 2018 itu, timnas U-16 setidak-tidaknya membutuhkan tenaga baru di sektor penyerang sayap dan bek kanan.

Pos penyerang sayap limbung lantaran salah satu pemain andalan di sana, Ruy Arianto, cedera lutut dan masih dalam pemulihan.

Kemudian, di bek kanan, timnas U-16 kehilangan Alfin Lestaluhu yang meninggal dunia pada akhir Oktober 2019.

"Jadi kami harus mencari pengganti mereka, tentu yang hampir sama kualitasnya," tutur Bima.

Baca juga: Bima nilai pemahaman taktik timnas U-16 semakin baik

Salah satu pemain timnas U-16, Fahmi Setyawan menyambut baik kesempatan bertanding di luar negeri.

Fahmi merasa senang bisa dipercaya ikut ke UAE meski dia baru satu bulan bergabung dengan timnas U-16.

Sebagai informasi, sebagian besar pemain timnas U-16 saat ini sudah bersama sejak tahun 2019.

"Adaptasi awalnya sulit, tetapi teman-teman terbuka dan kami berteman semuanya. Saya sangat bangga bisa terpilih karena ini pertama kalinya saya mengikuti training camp di timnas. Ini kesempatan saya untuk membela negara dan membanggakan orang tua," kata pemain muda klub PSS tersebut.

Tim nasional U-16 Indonesia akan bertolak ke Uni Emirat Arab (UAE) pada Senin (19/10) untuk menjalani dua laga uji coba internasional kontra timnas Negara Teluk itu pada 21 dan 24 Oktober 2020. Setelah itu, skuat asuhan pelatih Bima Sakti kembali ke Indonesia pada Minggu (25/10).

Kemudian, timnas U-16 akan melanjutkan pemusatan latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang pada 26 Oktober hingga 8 November 2020.

Baca juga: Timnas U-16 bertolak ke UAE jalani uji coba

Baca juga: PSSI: Witan dan Elkan tinggalkan TC timnas U-19 pada 24 Oktober


Pemusatan latihan dan uji coba menjadi persiapan timnas U-16 menuju Piala Asia U-16.

Turnamen tersebut akan berlangsung pada awal 2021 di Bahrain. Sejatinya turnamen itu dilaksanakan pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain, tetapi ditunda oleh AFC karena pandemi COVID-19.

Di turnamen tersebut, Indonesia bergabung di Grup D bersama Arab Saudi, China dan juara bertahan, Jepang.

Berikut 22 pemain timnas U-16 yang dibawa ke Uni Emirat Arab (UAE).

Kiper: I Made Putra Kaicen (Bali United), Raka Octa Bernanda (PSS), Muhammad Raufa Aghastya (SSB Por Uni Bandung).

Bek: Mochammad Aditya Rangga Saputra (Persebaya), Marcell Januar Putra (Bali United), Mikael Alfredo Tata (Waanal Bintuka FC), Alexandro Kamuru (Barito Putera), Ferre Murari Albahar (Bhayangkara FC), Vito Ramadyzky Chairil (Persikabo), Fahmi Alvin Setyawan (PSS), Muhammad Tezar Briantama (SSB Asiop Jakarta).

Gelandang: Aditiya Daffa Al Haqi (Barito Putera), Dimas Pamungkas (Persib Bandung), Resa Aditya Nugaraha (Persija), Mochamad Faizal Shaifullah (Persela), Marselino Ferdinan Philipus (Persebaya), Muhammad Valeron Irwan Yamin (Persib), Muhammad Rafly Ikram Selang (SSB Insan Cendikia).

Penyerang: Diandra Diaz Dewari (Persib), Ahmad Athallah Araihan (SKO Ragunan), Wibi Alprahmudi Mulyono (SSB Gemars), Raka Cahyana Rizky (Persija).

Baca juga: Makan sembarangan, pemain timnas U-16 bakal didenda Rp100 ribu

Baca juga: Erick Thohir sambangi FIBA laporkan kesiapan tuan rumah Piala Dunia

 

Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar