Setahun Jokowi-Ma'ruf - Inovasi berbasis daring didorong pemerintah

id setahun jokowi,setahun maruf,pasar,pasar daring,tokopedia,shopee,otomotif,kementerian perindustrian

Sejumlah UMKM di Kota Cirebon, Jabar mengikuti pelatihan jualan daring. (FOTO ANTARA/Humas Pemkot Cirebon)

Jakarta (ANTARA) - Selama satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin diterpa pandemi COVID-19 yang mengharuskan dunia bisnis menghindari aktivitas tatap muka pemerintah mendorong agar ada inovasi penjualan seperti menggunakan fasilitas berbasis daring.

Masyarakat juga melahirkan berbagai inovasi. Para pedagang yang biasanya selalu mengandalkan penjualan secara langsung, kini berani memasarkan produknya secara daring, seperti dikutip dari "Buku Laporan Tahunan 2020, Peringatan Setahun Jokowi-Ma'ruf: Bangkit Untuk Indonesia Maju" di Jakarta, Selasa.

Dalam buku laporan itu menyebut pembatasan pasar di masa pandemi, membuat masyarakat secara mandiri melayani lingkungannya dengan saling memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Pembatasan interaksi manusia di pasar akibat COVID-19 membuat sejumlah sentra jual beli masyarakat di sejumlah kota berinovasi menjajakan produknya secara daring. Di Yogyakarta, DKI Jakarta dan kota-kota lainnya, banyak penjual pasar yang menggunakan aplikasi media perpesanan daring, ojek online dan semacamnya agar dagangan tetap laku di tengah pembatasan sosial kala pandemi.

Pelaku marketplace yang inti bisnisnya adalah jual beli daring mengakui terjadi tren peningkatan transaksi secara online.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan saat pandemi ada perubahan transaksi daring masyarakat ke bahan pokok, makanan, minuman sembako atau barang-barang yang bisa dipakai masak di rumah.

Selain itu, kata dia, banyak orang yang berbelanja untuk memenuhi kebutuhan hobi yang biasanya dilakukan di luar rumah, kini dilakukan di rumah. Misalnya, olahraga dari rumah, hingga berbelanja tanaman atau dekorasi

Ia mengatakan transaksi lewat Shopee sepanjang kuartal II 2020 ada 260 juta transaksi dengan rata-rata lebih dari 2,8 juta transaksi harian. Itu meningkat 130 persen dibanding tahun lalu dan ini indikator positif bagi industri

Sementara itu, Kementerian Perindustrian menggandeng marketplace Tokopedia sebagai media belanja daring untuk produk-produk otomotif. Dengan begitu, transaksi di dunia otomotif terus dapat dipacu atau tidak lesu meski pandemi belum terang kapan berakhir.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan kampanye #GerakanOtomotifNasional bertujuan mengajak masyarakat untuk mendukung IKM lokal di sektor otomotif agar mereka dapat terus mengembangkan usahanya walau di tengah pandemi melalui platform daring.

Baca juga: Himbara luncurkan fasilitas pinjaman daring bagi UMKM

Baca juga: Platform perdagangan daring perlu lebih berinovasi perhatikan UMKM

Baca juga: Kementerian: Inovasi di Indonesia hadang gempuran produk daring asing

Pewarta : Anom Prihantoro
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar