Jakarta (ANTARA) - Indonesia bakal resmi memiliki tim di kejuaraan dunia MotoGP ketika mengenalkan Mandalika Racing Team Indonesia yang akan diluncurkan di Jakarta pada 28 Oktober nanti.

Kabar yang menggembirakan bagi para fan MotoGP di Indonesia karena Mandalika Racing Team Indonesia akan mewakili Tanah Air di kelas Moto2 mulai tahun depan saat Indonesia juga menjadi tuan rumah Grand Prix Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: MotoGP Mandalika diharapkan lebih baik dari MotoGP Thailand

"Sejauh ini sementara kami melakukan penguatan-penguatan internal dulu karena banyak pihak yang harus kami komunikasi antara lain, pebalap dan technical support dari luar serta terkait sponsor," kata ketua tim MotoGP Indonesia Muhammad Rapsel Ali ketika dihubungi di Jakarta terkait persiapan tim.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan sejumlah sponsor seperti Pertamina, Garuda Indonesia dan Telkom telah menyatakan kesiapannya mendukung tim Merah Putih itu, kata Rapsel Ali.


Mandalika Racing Team sendiri bakal diperkuat pebalap nasional Dimas Ekyy Pratama yang sempat membalap di ajang Moto2 tahun lalu dan kemungkinan akan dipasangkan dengan pebalap profesional dari luar negeri.

Mereka akan menggunakan motor bermesin Triumph dengan kapasitas 765cc, yang dipakai oleh seluruh tim Moto2.

Kendati menggunakan mesin yang sama dari pemasok tunggal, setiap tim boleh memakai sasis yang berbeda seperti Kalex, MV Agussta, NTS dan Speed Up.

Baca juga: ISSI upayakan gelar balapan pendukung MotoGP Mandalika 2021

"Insyaallah dengan ikhtiyar bersama kita melakukan yang terbaik untuk negeri ini," kata Rapsel Ali yang juga anggota Komisi VI DPR-RI itu.

Rapsel Ali mengungkapkan pemilihan 28 Oktober sebagai tanggal peluncuran tim bertepatan dengan momentum hari Sumpah Pemuda.

"Ini hari bersejarahnya pemuda-pemudi indonesia, sekaligus memanfaatkan momentum untuk bangkitkan semangat berprestasi," kata dia.

Musim MotoGP 2020, sementara itu, menyisakan empat seri lagi dan akan ditutup di Portugal pada 22 November nanti sebelum tes pramusim di transisi tahun mengawali musim kompetisi baru.

Baca juga: Anggota DPR minta ajang MotoGP buat UMKM NTB berkembang

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020