TNI AL menyeleksi 450 calon bintara dan tamtama dalam tes samapta

id Tes samapta,TNI AL,Kasal,Yudo Margono,Tamtama,Bintara

Sejumlah calon prajurit karir TNI Angkatan Laut menjalani tes pull up yaitu posisi menarik tubuh dengan cara bergantung pada bar besi hingga dagu bisa berada pada posisi yang sejajar atau sedikit di atas bar tersebut, dalam tes samapta yang diselenggarakan di Lapangan Trisila Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (23/10/2020). (ANTARA/ HO-Dispenal)

Jakarta (ANTARA) - TNI Angkatan Laut menyeleksi 450 calon bintara (caba) dan calon tamtama (catam) prajurit karir gelombang II tahun 2020 rute I wilayah Jakarta, Bandung, Kotabumi dan Lampung dalam tes samapta yang digelar di Lapangan Trisila Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat.

Calon prajurit itu terdiri dari 410 caba dan 40 catam. Khusus caba, terdiri dari 329 pria dan 81 wanita.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menginstruksikan agar seluruh prajurit TNI AL harus melewati seleksi dan proses rekrutmen yang baik demi terciptanya pembangunan sumber daya manusia (SDM) TNI AL yang unggul.

"Oleh karena itu, calon prajurit bintara dan tamtama yang terpilih harus menunjukkan kualitas terbaik dan memenuhi syarat untuk dapat bersaing nantinya di seleksi tingkat pusat," kata Yudo dalam pernyataan tertulis yang diterima, di Jakarta, Jumat.
Baca juga: Kasal adakan seleksi prajurit TNI AL dari relawan COVID-19 Wisma Atlet

Kepala Tim Rute I Letkol Laut (S) Umar Santoso mengatakan bahwa animo masyarakat untuk mendaftarkan diri menjadi prajurit karir TNI AL tahun ini sangat besar.

Buktinya, terlihat dari jumlah pendaftar awal sebanyak 2.044 orang caba pria dan 560 caba wanita serta tamtama sebanyak 375 orang.

"Setelah melaksanakan serangkaian tes seleksi, hanya menyisakan 450 calon prajurit TNI AL," kata Umar.

Ia menambahkan, pelaksanaan tes samapta akan berlangsung mulai tanggal 23 sampai dengan 25 Oktober 2020, dibagi menjadi tiga gelombang.

Pada hari pertama, yakni Jumat (23/10), diikuti sebanyak 150 peserta. Sedangkan sisanya sebanyak 300 orang akan mengikuti tes pada hari berikutnya, dengan materi meliputi baterai A lari 12 menit, dilanjutkan baterai B sit up, push up, pull up, dan shuttle run, serta tes ketangkasan renang dan pengecekan postur.

Para caba dan catam PK TNI AL yang lolos seleksi samapta selanjutnya akan melaksanakan Penentuan Akhir (Pantukhir) Panitia Daerah Rute, kemudian seleksi berikutnya di tingkat pusat akan dilaksanakan di Lembaga Penyediaan Tenaga TNI Angkatan Laut (Lapetal) Malang, yakni antara lain Rapat Koordinasi Sekretariat tingkat pusat dan Sidang Komisi Pantukhir Pusat.

Personel yang lulus seleksi akan dididik dalam pendidikan pertama (dikma) pada Pusat Pelatihan dan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.
Baca juga: Perjuangan anak nelayan ikut seleksi prajurit TNI AL
Baca juga: Ratusan peserta seleksi Bintara TNI-AL tes kesehatan

Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar