siapkan beberapa pos check point dimana pengguna jalan tidak hanya akan di cek suhu tubuhnya tetapi juga bisa mendapatkan cek kesehatan gratis
Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) memperkirakan trafik kendaraan yang melintas di Tol Trans Sumatera pada saat libur panjang memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW akan mengalami peningkatan signifikan.

"Kami memperkirakan trafik kendaraan yang melintas khususnya di JTTS pada saat libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW akan mengalami peningkatan signifikan dibandingkan pada saat libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1441H lalu," ujar Direktur Operasi I Hutama Karya, Suroto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut Suroto, tahun ini Hutama Karya sudah mulai mengoperasikan dua ruas tol baru yakni tol Pekanbaru – Dumai sepanjang 131 km dan tol Sigli – Banda Aceh Seksi 4 sepanjang 14 km. Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol, Hutama Karya sudah mulai melakukan berbagai persiapan di seluruh ruas jalan tol yang dikelolanya.

"Agar pengguna jalan dapat terlayani dengan baik dan mencegah terjadinya penumpukan kendaraan di gerbang tol, kami telah melakukan antisipasi dan persiapan dari jauh-jauh hari," kata Suroto.

Hutama Karya akan bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam mempersiapkan libur panjang pekan ini.

“Seperti momen libur panjang sebelumnya, kami akan siapkan beberapa pos check point dimana pengguna jalan tidak hanya akan di cek suhu tubuhnya tetapi juga bisa mendapatkan cek kesehatan gratis untuk memastikan pengguna jalan dalam keadaan prima," kata Suroto.

Pos check point ini ditempatkan pada ruas jalan tol yang paling banyak dilintasi pengguna jalan pada saat momen liburan yakni ruas tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka), ruas tol Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter) dan ruas tol Pekanbaru – Dumai.

Secara teknis, mulai dari tanggal 27 Oktober hingga 1 November 2020, pos check point tersebut akan disediakan di berbagai titik pada setiap ruas tol di JTTS.

Pada ruas tol Bakauheni – Terbanggi Besar, pos check point berada di KM 87 Jalur A dan KM 20 Jalur B, sedangkan pada ruas tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang Kayu Agung berada di rest area KM 234 Jalur A dan rest area KM 215 Jalur B dengan melibatkan Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatra Selatan serta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatra Selatan.

Sementara itu, untuk di ruas tol Pekanbaru – Dumai juga akan disiapkan check point yang berada di Rest Area KM 45 Jalur A dan Rest Area KM 82 Jalur B.

Selain itu, Hutama Karya juga memastikan optimalisasi fasilitas layanan pada jalan tol yang dikelola khususnya di Tol Trans Sumatera mulai dari suplai Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ada di setiap SPBU tersedia dengan cukup, menyiapkan layanan bengkel di rest area, serta meningkatkan pelayanan transaksi dengan menyediakan uang elektronik, mengaktifkan kembali layanan Mobile Reader (MR), dan menambah petugas layanan transaksi di setiap gerbang tol guna terjadinya penumpukan kendaraan.

Baca juga: Besok, jalan Tol Pekanbaru-Dumai bisa dilalui masyarakat secara gratis
Baca juga: Hutama Karya gelar "operasi mengantuk" di Jalan Tol Trans Sumatera
Baca juga: Hutama Karya akan optimalisasi penggunaan PMN 2020 untuk Jalan Tol Trans Sumatera

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020