MPR dorong pemerintah terus tingkatkan strategi pertumbuhan investasi

id Bambang soesatyo, pertumbuhan investasi

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. ANTARA/HO-MPR RI/am.

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah terus meningkatkan strategi agar investasi terus tumbuh positif di masa mendatang.

"Realisasi investasi triwulan III-2020 yang tumbuh positif agar didorong untuk menyerap dan meningkatkan kompetensi tenaga kerja. Namun perlu diingat pertumbuhan positif investasi tersebut belum sepenuhnya melewati masa kritis, sehingga pemerintah masih perlu mendorong dan meningkatkan strategi agar investasi dapat terus bertumbuh positif di masa mendatang," ujar Bamsoet dalam siaran pers di Jakarta, Senin.

Bamsoet juga mendorong pemerintah dapat memberikan jaminan kepada investor dan memastikan prospek investasi ke depannya dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan Undang-Undang Cipta Kerja.

Baca juga: Bamsoet bahas investasi saat bertemu Dubes Qatar di Jakarta

Selain itu menurut dia, pemerintah perlu memperbaiki dan membenahi sistem kerja investasi di Indonesia, baik di bidang teknologi maupun di sektor ketenagakerjaan, dikarenakan digitalisasi dan pandemi COVID-19 telah menyebabkan terjadinya disrupsi tenaga kerja dan lapangan kerja.

MPR juga menambahkan bahwa perkembangan digitalisasi tetap perlu diikuti dengan baik, namun jangan sampai mendisrupsi tenaga kerja tanpa ada solusi lebih lanjut.

"Saya Mendorong pemerintah tetap melakukan upaya pemulihan ekonomi yang disertai dengan upaya peningkatan keterampilan dan kompetensi tenaga kerja sehingga pekerja siap kembali ke dunia kerja, serta mendorong pemerintah menyediakan jaring pengaman bagi pekerja, meningkatkan sistem pendidikan dan pelatihan bagi pekerja, dan juga memberikan insentif untuk investasi di pasar dan pekerjaan," ujar dia.

Baca juga: MPR: Peta jalan vaksinasi dan pemulihan ekonomi harus selaras

 

Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar