Jakarta (ANTARA) -
Badan Kebudayaan Nasional (BKN) Pusat PDI Perjuangan menggelar wayang kulit secara virtual pada Selasa malam, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Rabu (28/10).

Pagelaran wayang kulit menghadirkan dalang kondang asal Yogyakarta yaitu Ki Seno Nugroho dengan lakon "Sirnaning Pedhut Ngamartha" itu mengambil bertema "Kuatkan Semangat Gotong Royong dan Optimisme Pemuda Mengatasi Pandemi Covid-19".

Acara ini juga diramaikan oleh pelawak seperti Cak Lontong, Akbar, Marwoto, dan Tatok.

Pagelaran wayang kulit ini sendiri dibuka Ketua BKN Pusat PDI Perjuangan Aria Bima dan politisi Rano Karno dengan orasi.

Dalam orasinya, mereka mengisahkan bahwa pemuda zaman dulu bersatu dan menolak terbelah, mengatakan tidak ada perpecahan. Pada 28 Oktober 1928, ikrar Sumpah Pemuda disuarakan dan janji setia kepada Indonesia diucapkan dengan lantang.

"Hari itu kita bertekad bersumpah menjunjung setinggi langit, bertumpah darah satu, berbangsa satu, berbahasa satu, Indonesia," kata Rano Karno dalam siaran persnya.

Rano dalam orasinya menyebut, setelah itu sumpah tersebut kadang menemui jalan berbelok. Namun, para pendiri bangsa memberikan teladan betapa pun perbedaan itu ada, tak semestinya membuat Indonesia tercerai berai.

Dia pun mengharapkan Sumpah Pemuda tak boleh diperingati hanya sebatas ritual tahunan. Sumpah Pemuda tak boleh hanya dikenal dengan slogan yang dikumandangkan dengan gemuruh tetapi berangsur-angsur kehilangan gairah.

"Sumpah Pemuda lahir dari pergulatan panjang, bertolak dari kesadaran membangun Indonesia merdeka, Indonesia yang bebas dari bentuk semua kolonialisme, penindasan, dan kemiskinan. Dari sana kita menyusun cita-cita agung tentang Indonesia adil, sentosa. Indonesia yang berdiri untuk semua," kata pemeran Doel dalam film Doel Anak Sekolahan ini.

Baca juga: Pesan Megawati pada peringatan Sumpah Pemuda 2020

Baca juga: Sambut Sumpah Pemuda, PDIP Gelorakan semangat muda hadapi Covid-19


Sementara itu, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di tengah pagelaran memberi sambutan dengan menyampaikan pesan Ketua Umumnya, Megawati Soekarnoputri.

"Pada malam hari ini, saya menyampaikan salam dari Ibu Ketum Megawati Soekarnoputri. Beliau menitipkan salam bagi para pemuda Indonesia. Salam penuh optimisme, salam penuh semangat bahwa Indonesia hanya akan maju apabila orang-orang muda Indonesia, kaum muda Indonesia, terus menggembleng diri dengan penuh semangat mengusai ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemajuan Indonesia Raya kita," kata Hasto.

Di samping itu, Hasto mengharapkan, pagelaran wayang ini bisa menggelorakan semangat Sumpah Pemuda kepada setiap warga Indonesia.

Dengan Sumpah Pemuda, lanjut Hasto, masyarakat bisa bersatu, rukun dan maju sebagai negara.

"Kita dapat mempersatukan berbagai macam suku, bangsa, agama, dalam satu kesatuan jiwa sebagai bangsa merdeka. Untuk itu, Sumpah Pemuda telah mengajarkan kepemimpinan, kepeloporan kaum muda Indonesia bagi kemajuan bangsanya," kata Hasto.

Kami persembahkan wayang kulit ini yang semakin menambahkan optimisme gerak kaum muda Indonesia dalam menghadapi Covid-19, tutup Hasto.

Baca juga: Luncurkan logo HSP, Menpora gelorakan semangat pemuda bersatu-bangkit

Baca juga: Sri Mulyani ingatkan Kemenkeu tanamkan nilai Sumpah Pemuda


 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020