Manado (ANTARA) - Pertamina menambah pasokan LPG sebanyak 246 metrik ton (MT) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam menghadapi libur panjang dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 29 Oktober 2020, setelah pemerintah menetapkan cuti bersama pada tanggal 28 dan 30 Oktober 2020.

Unit Manager Comm, Rel dan CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VII Sulawesi Laode Syarifuddin Mursali mengatakan Pertamina menambah pasokan LPG Fakultatif sebesar 246 Metrik Ton (MT) khusus untuk libur panjang ini.

Baca juga: Libur panjang, Pertamina pastikan pasokan BBM, LPG dan avtur aman

"Kami berharap masyarakat dengan mudah mendapatkan bahan bakar LPG saat libur panjang ini," kata Laode di Manado, Rabu.

Laode mengatakan pihaknya berharap permintaan masyarakat akan bahan bakar LPG bisa terpenuhi dengan baik.

Selain di Sulut, katanya, Pertamina juga melakukan penambahan di seluruh wilayah Sulawesi, dengan rincian Sulsel 829 MT, Sultra 119 MT, Sulteng 223 MT, Sulbar 257 MT, Sulut 246 MT dan Gorontalo 107 MT.

"Untuk LPG se-Sulawesi kita tambah 1.781 MT atau sekitar 593.500 tabung dari rencana penyaluran awal untuk bulan Oktober 41.475 MT, sehingga total penyaluran untuk bulan Oktober direncanakan 43.525 MT atau 14.508.440 tabung LPG," ujar Laode.

Pertamina juga memberlakukan status siaga dan mengawasi seluruh agen dan pangkalan LPG agar menyalurkan LPG sesuai dengan sasarannya.

Selain itu, stok BBM di 17 Fuel Terminal yang memasok BBM se-Sulawesi dipastikan aman melayani masyarakat yang akan bepergian pada saat libur panjang ini.

Baca juga: Pemerintah perlu tingkatkan pengawasan distribusi elpiji 3 kilogram

Baca juga: Terminal LPG Sulut salurkan 250 MT per hari untuk kebutuhan masyarakat

Baca juga: Pertamina jamin BBM-LPG aman di masa PSBB


Masyarakat dapat memanfaatkan Pertamina Delivery Service, Pertashop yang sudah hadir di 38 desa se-Sulawesi dan menikmati promo lebih hemat Rp 250/ liter untuk pembelian Pertamax Series menggunakan Aplikasi MyPertamina yang dapat diunduh di PlayStore dan AppStore yang akan berakhir 31 Oktober ini.

Pertamina MOR VII juga mengaktifkan Satuan Tugas (Satgas) pengamanan pasokan BBM dan LPG yang aktif mulai dari 26 Oktober hingga 3 November 2020.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020