...ini merupakan proyek padat karya. Kita akan menarik sekitar 11.000-an pekerja dan akan membangkitkan pariwisata Bali
Jakarta (ANTARA) - Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) padat karya terumbu karang (Indonesia Coral Reef Garden/ICRG) ditargetkan selesai pada Desember mendatang.

Program padat karya itu akan melibatkan hingga 11.327 pekerja dengan potensi luas area yang direstorasi sebesar 1.606 hektare. Ada pun restorasi terumbu karang dilakukan seluas 50 hektare di lima lokasi, meliputi Nusa Dua, Serangan, Pandawa, Buleleng Tengah, dan Sanur.

"PEN-ICRG ini merupakan ikon restorasi terbesar yang ada di Indonesia. Program ini harus selesai bulan Desember. Untuk itu, pertama-tama harus dipastikan SOP yang jelas, mulai dari pembuatan hingga selesai harus dipastikan metodologinya," kata Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Maritim dan Investasi Safri Burhanuddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Buleleng terpilih jadi tempat restorasi taman terumbu karang Indonesia

Safri menyampaikan hal tersebut dalam kegiatan sosialisasi program PEN-ICRG di Pantai Pandawa, Bali, Jumat (30/10) mendampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Dalam kegiatan itu, pemerintah juga menyerahkan secara simbolis dana bantuan sebesar Rp105 miliar.

Selain itu pelaksanaan program PEN-ICRG juga akan menggunakan metode nontunai untuk pendistribusian bantuan tunai dan bekerja sama bersama Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali.

Sampai saat ini pelaksanaan PEN-ICRG telah mencapai tahap rekrutmen dan pelatihan pekerja. Diharapkan seluruh target dari program itu dapat terserap dengan maksimal dan membangkitkan kembali perekonomian khususnya di Provinsi Bali.

Baca juga: Program Padat Karya restorasi terbesar terumbu karang resmi meluncur

"Kita tidak ingin ada ketidaksesuaian di akhir. Untuk itu, pastikan metode yang digunakannya jelas. Kita pakai target dan jadwal. Selain itu ini merupakan proyek padat karya. Kita akan menarik sekitar 11.000-an pekerja dan akan membangkitkan pariwisata Bali," kata Safri.

Selain melakukan sosialisasi Program PEN-ICRG di Pantai Pandawa, dilaksanakan pula peninjauan langsung lokasi restorasi terumbu karang di Serangan. Bersama Plt Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP, kedua kementerian berkoordinasi mengawal pelaksanaan restorasi terumbu karang. Melalui kunjungan itu turut didiskusikan pula teknis pelaksanaan restorasi terumbu karang, seperti teknis penanaman dan pemasangan terumbu karang.

Baca juga: Menteri Edhy: Menanam satu koral sama dengan 20 pohon

Baca juga: KKP survei lokasi untuk program pemulihan ekonomi terumbu karang

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020