Jakarta (ANTARA) - Southampton meredam kebangkitan tuan rumah Aston Villa untuk memetik kemenangan 4-3 dalam laga pekan ketujuh Liga Inggris di Villa Park, Birmingham, Minggu.

Tim besutan Ralph Hasenhuettl itu unggul empat gol lebih dulu, tetapi hampir kehilangan dua poin akibat gelombang kebangkitan Villa di periode akhir pertandingan.

Bek tuan rumah Ezri Konsa sempat melesakkan bola ke gawang timnya sendiri saat berusaha menghalau sepak pojok James Ward-Prowse, tetapi gol itu dianulir oleh wasit Darren England dan VAR yang menilai Che Adams berdiri di posisi offside karena menghalang-halangi permainan.

Baca juga: Southampton tidak kebetulan kalahkan Everton, kata Hasenhuettl

Namun, Southampton akhirnya betul-betul membuka keunggulan pada menit ke-20 saat Jannik Vestergaard menanduk umpan tendangan bebas Ward-Prowse.

Ward-Prowse lantas melesakkan dua gol dari tendangan bebas langsung di area berbahaya pada menit ke-30 dan ke-45 untuk kian memperlebar keunggulan Southampton atas Villa.

Villa berusaha mengawali babak kedua dengan motivasi bangkit tetapi kiper Alex McCarthy melakukan penyelamatan gemilang atas sundulan Trezeguet dan tandukan Jack Grealish.

Alih-alih, gawang Villa justru kebobolan lagi pada menit ke-58 saat Danny Ings melakukan tusukan sebelum melepaskan tembakan keras yang tak memberi kesempatan kiper Emiliano Martinez melakukan penyelamatan.

Baca juga: Patrick Bamford trigol, Leeds runtuhkan mimpi Villa ke puncak klasemen

Kendati tertinggal empat gol, Villa belum patah semangat dan memperkecil ketertinggalan mereka dari situasi sepak pojok yang diakhiri sundulan Tyrone Mings pada menit ke-62.

Ings melesakkan bola ke gawang Villa lagi pada menit ke-73, tetapi untuk kedua kalinya di laga itu gol Southampton dianulir oleh wasit.

Pada menit ketiga injury time tuan rumah mendapat hadiah tendangan penalti setelah pelanggaran Ibrahima Diallo di dalam area terlarang, yang mampu dimanfaatkan oleh Ollie Watkins untuk memperkecil ketertinggalan Villa 2-4.

Di menit terakhir injury time Grealish kembali mencetak gol, tetapi Villa tetap gagal menghindarkan diri dari kekalahan dalam skor akhir 3-4.

Kemenangan itu membuat Southampton melompat naik ke posisi ketiga klasemen dengan koleksi 13 poin, termasuk melewati Villa (12) yang turun ke urutan keenam, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kekalahan kedua beruntun membuat awal musim Villa yang tampak sempurna kini betul-betul berakhir, tetapi mereka berkesempatan memperbaikinya pekan depan saat bertandang ke markas Arsenal pada Sabtu (7/11).

Sedangkan Southampton berpeluang melanjutkan tren positif lima laga nirkalah saat menjamu Newcastle United pada Jumat (6/11).

Baca juga: Inggris berlakukan lockdown, Liga Premier tetap lanjutkan kompetisi
Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Liverpool sementara salip Everton dari puncak


Susunan pemain:

Aston Villa (4-2-3-1): Emiliano Martinez; Matty Cash (Ahmed Elmohamady), Ezri Konsa, Tyrone Mings, Matt Targett; John McGinn, Douglas Luiz; Bertrand Traore (Trezeguet), Ross Barkley, Jack Grealish; Ollie Watkins
Pelatih: Dean Smith

Southampton (4-4-2): Alex McCarthy; Kyle Walker-Peters, Jan Bednarek (Jack Stephens), Jannik Vestergaard, Ryan Bertrand (Ibrahima Diallo); Stuart Armstrong, Orio Romeu, James Ward-Prowse, Theo Walcott; Danny Ings (Shane Long), Che Adams
Pelatih: Ralph Hasenhuettl

Baca juga: Diogo Jota cemerlang lagi, sokong kebangkitan Liverpool atas West Ham
Baca juga: Hakim Ziyech cetak gol lagi, Chelsea kembali ke jalur kemenangan
Baca juga: Manchester City atasi Sheffield United walau tanpa penyerang murni

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020