Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan pelaksanaan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah di Provinsi Jawa Tengah mencapai 79,48 persen dari total target 17.450 unit.

"Hingga saat ini progres pembangunan fisik Program BSPS di Jawa Tengah sudah mencapai 79,48 persen dan diharapkan rampung pada akhir tahun ini," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Ia juga mengemukakan bahwa adapun total jumlah bantuan yang disalurkan Kementerian PUPR untuk Program BSPS di Provinsi Jawa Tengah mencapai angka Rp305,37 miliar.

Khalawi menerangkan, bentuk bantuan BSPS yang diberikan kepada masyarakat tidak berupa uang tunai melainkan bahan bangunan yang digunakan untuk membangun rumah.

Adapun rincian biaya yang dikeluarkan untuk peningkatan kualitas rumah swadaya satu unit hunian adalah sebesar Rp17,5 juta yang terdiri dari Rp15 juta untuk material bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah tukang.

Lebih lanjut, Khalawi menerangkan bahwa sesuai dengan instruksi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di tengah pandemi Covid-19 pemerintah melalui Kementerian PUPR terus melakukan upaya untuk meningkatkan infrastruktur di bidang perumahan.

Program tersebut sekaligus memberikan kesempatan bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendapatkan pekerjaan di Program BSPS yang pada tahun ini dilakukan dengan metode Padat Karya Tunai (PKT).

"Program BSPS ini adalah upaya pemerintah membantu masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Kami ingin meningkatkan kualitas rumah masyarakat agar lebih layak huni dan sekaligus memberikan pekerjaan untuk masyarakat sekitar penerima bantuan ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Wilayah Jawa III, Mochamad Mulya Permana menyatakan Kementerian PUPR melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Tengah sebelumnya mengalokasikan bedah rumah di Provinsi Jawa Tengah berjumlah sebanyak 15.450 unit.

Namun demikian, Kementerian PUPR kembali menambah alokasi bedah rumah sebanyak 2.000 unit rumah untuk masyarakat Jawa Tengah di lima kabupaten/kota. Lima kabupaten/kota yang mendapatkan tambahan alokasi penerima bantuan bedah rumah antara lain Kabupaten Pemalang (1.501 unit), Kabupaten Temanggung (220 unit), Kabupaten Sragen (149 unit), Kabupaten Magelang (120 unit), dan Kota Semarang (10 unit).

"Adanya penambahan 2.000 unit rumah tersebut akan menambah jumlah alokasi Program BSPS di Jawa Tengah menjadi 17.450 unit. Proses pengerjaan di lapangan yang dimulai bulan ini dan ditargetkan semuanya akan selesai di bulan Desember mendatang," katanya.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020